Santri Milenial Condong Pilih Jokowi-Ma'ruf Amin Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO

MerahPutih.com - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'rud Amin kembali mendapatkan dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kali ini dukungan diberikan dari para santri pesantren modern di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Santri yang baru memiliki hak pilih ini menyambut gembira dengan dipilihnya Kiai Ma'ruf sebagai cawapres.

Calon Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

"Tidak ada yang meragukan keulamaan Kiyai Ma'ruf Amin. Saya yakin para santri yang punya hak pilih pastinya akan memilih beliau," ujar Akhyar saat ditemui wartawan seusai menggelar pertemuan para santri dalam rangka peringatan Hari Santri, di Banten, Sabtu, (13/10).

Menurutnya, ketika Jokowi memutuskan menggandeng Ma'ruf Amin sebagai calon orang nomor dua di Indonesia, para santri se-Nusantara menyambut gembira.

"Masa iya ada santri tidak mendukung ulama memimpin negara ini," tegasnya.

Terpilihnya mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu merupakan sejarah bagi Banten yang dikenal relijius. Menurut sejarahnya, Kesultanan Banten didirikan oleh Maulana Hasanuddin Putera Sunan Gunung Jati. Keduanya adalah ulama dan pendakwah berpengaruh.

Caption

Sejarah lain soal kegigihan ulama di medan politik dan perjuangan kekuasaan adalah cerita mengenai Ki Wasyid bersama tokoh-tokoh Banten yang memberontak terhadap Belanda pada tahun 1887.

Kebencian terhadap penjajah Belanda inilah yang membuat tokoh ulama dan tokoh masyarakat menyatu untuk memberontak. Perpaduan antara masyarakat dengan kalangan kiyai-santri membuat pergerakan mereka menjadi tidak ada batasnya, bahkan sulit dipadamkan. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH