Santoso Ardiansyah Tampil Percaya Diri di World Coffee Championship 2021 Santoso Ardiansyah tampil percaya diri di World Coffee Championship (Foto: screenshot YouTube/Andi Soegiarto)

SETELAH berhasil keluar menjadi juara di Indonesia Brewers Cup Champiopnship (IBrC) pada Indonesia Coffee Events (ICE) 2020. Santoso Ardiansyah, berhak mewakili Indonesia di kompetisi bertaraf internasional, World Coffee Championship.

Pada Senin (25/10), Barista dari A Tale Of Two Coffee Beans tersebut, unjuk gigi di ajang World Coffee Championship untuk kategori World Brewers Championship. Barista yang akrab disapa Ardi, bersaing dengan 31 barista lainnya.

Para kompetitor berasal dari Republik Ceko, Inggris, Brasil, Norwegia, Polandi, Korea Selatan, Denmark, Rusia, Hong Kong, Austria, Finlandia, Chili, Australia, Jerman, Panama, Swiss, El Salvador, Amerika Serikat, Italia, Jepang, Yunani, Ukraina, Prancis, Filipina, Turki, Kolumbia, dan Slovakia.

Baca Juga:

Tampil di World Coffee Championship, Mikael Jasin Didukung Petani Kopi Flores

Dalam event tersebut, Ardi mendapat giliran tampil ketiga, setelah Tomas Taussig dari Republik Ceko, dan Matteo D'Ottavio dari Inggris. Pada penampilannya itu, Ardi hadir dengan kemeja putih lengan panjang yang dikombinasikan dengan apron berwarna coklat muda.

Ardi tampil begitu percaya diri saat berada di arena event kelas internasional (Foto: screenshot YouTube/Santoso Ardiansyah)

Saat memasuki arena kompetisi, Ardi tampak begitu percaya diri, tidak terlihat adanya rasa grogi. Dia mengawali penampilannya di babak Open Service dengan meminta panitia untuk memainkan musik. Setelah itu, barulah memperkenalkan diri dihadap para juri.

Menariknya, pada perkenalan dengan para juri, Ardi memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia. Dengan rendah hati dia mengatakan bahwa kemampuan Bahasa Inggrisnya kurang bagus.

"Selamat pagi dan selamat datang, in Indonesia it mean good morning and welcome, as you can tell my English it's not good, but I will do my best," tutur Ardi.

Seraya menyeduh kopi dengan sejumlah peralatan manual. Ardi bercerita tentang masa pandemi yang memberikan keterbatasan. Namun tak berdiam diri, justru dia memanfaatkan waktu yang ada untuk terus mengasah kemampuannya menyeduh kopi.

Ardi tampak lihai saat menyeduh kopi dengan sejumlah peralatan manual (Foto: screenshot YouTube/Andi Soegiarto)

Dalam menyeduh kopi, tentunya Ardi bukan 'asal' main seduh saja. Ada teknik serta perhitungan tersendiri demi menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

Kemudian, seraya menuangkan air pada V60, Ardi menjelaskan detail demi detail bahan yang digunakan untuk menyeduh kopi. Dari mulai tingkat suhu air, jumlah gramasi kopi, aroma, rasa, after taste, keasaman dan lain sebagainya.

Baca juga:

Santoso Ardiansyah, Dari Gagal Seleksi Persib U-21 Hingga Jadi Juara IBrC 2020

Saat melakukan presentasi tentang kopi yang dibuat di hadapan tiga orang juri internasional tersertifikasi. Ardi tampak begitu lihai dan selalu menebar senyum, hingga membuat suasana begitu santai dan menyenangkan.

Tangan terampil Ardi begitu terlihat saat menyeduh kopi. Tampak dari kerapihan dan semuanya dilakukan dengan tepat dan penuh hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

Ardi menceritakan layer demi layer rasa dari kopi yang disuguhkan pada tiga buah kertas dengan tulisan tangan, yang dibagikan kepada masing-masing juri. Adapun biji kopi yang Ardi gunakan pada kompetisi tersebut ialah Geisha Finca Deborah.

Di tengah penampilan Ardi yang disiarkan langsung di website milan.wcc.coffee, sejumlah komentar positif dukungan dari Indonesia pun sontak membanjiri kolom chat live streaming.

"Gatau ya.. ini bawaannya nyenengin banget, sambil senyum, kalem banget, pronouncenya jelas banget," ujar akun @fyead.

"Halus banget Ardi, keep up confidence nya!!, seneng liatnya dia present sambil senyum, keliatan passionate banget," tambah @seraphion85.

"Semoga dapat hasil terbaik yaa, aamiin aamiin aamiin," tutur @fakhrimurad.

Para juri tampak terkesima dengan presentasi Ardi (Foto: screenshot YouTube/Andi Soegiarto)

Penampilan Ardi di babak Open Service berlangsung selama 9 menit 45 detik. Selain presentasi, Ardi berbincang-bincang sejenak dengan pembawa acara WCC 2021. Saat ditanya seperti apa perasaannya, Ardi tidak menampik dirinya sangat grogi.

"Saya sangat grogi, namun sangat senang bisa mempresentasikan kopi buatan saya, dan terimakasih untuk para Juri," ungkap Ardi.

Selain itu, Ardi juga tidak lupa untuk berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya, khususnya orang-orang terdekatnya.

"Terima kasih pada my Bos Aang Sunadji, dan sang pelatih yang sudah memberikan dukungan penuh, juga kepada masyarakat Indonesia yang sudah memberikan dukungannya." (Ryn)

Baca Juga:

Mencicipi Kopi Terbaik dalam Cupping Best of Panama 2020 Bersama Beangasm

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tren Warna Rambut untuk Menyambut Tahun Baru 2022
Fashion
Tahun Kerbau Logam Lebih Produktif dengan Feng Shui di Ruang Kerja
Fun
Tahun Kerbau Logam Lebih Produktif dengan Feng Shui di Ruang Kerja

Tips ahli untuk menciptakan fengshui di ruang kerja.

Ada di 'Circle' Tongkrongan, Pakar Cinta Tapi Jomlo
Fun
Ada di 'Circle' Tongkrongan, Pakar Cinta Tapi Jomlo

Dia paham soal cinta, tapi statusnya jomlo.

HBO Adaptasi Prekuel GoT 'Tales of Dunk and Egg'
ShowBiz
HBO Adaptasi Prekuel GoT 'Tales of Dunk and Egg'

Masa kira-kira 90 tahun sebelum kejadian di A Song of Ice and Fire.

Saling Bantu Penuhi Nutrisi Anak di Masa Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Saling Bantu Penuhi Nutrisi Anak di Masa Pandemi

Bantuan nutrisi diberikan bagi 3.500 anak di Aceh, Meulaboh, Medan, Jakarta, Lembang, Semarang, Tabanan, dan Flores.

4 Karakter Chris Hemsworth yang Super Kocak
ShowBiz
4 Karakter Chris Hemsworth yang Super Kocak

Selain tampan dan bertubuh atletis, Chris Hemsworth juga humoris

Hindari Cek Ponsel di Waktu tak Tepat
Hiburan & Gaya Hidup
Hindari Cek Ponsel di Waktu tak Tepat

Penggunaan teknologi yang tidak tepat waktu dianggap sebagai tanda zaman.

Vaksinasi COVID-19 JHL Group Sampai di Hari Terakhir
Hiburan & Gaya Hidup
Vaksinasi COVID-19 JHL Group Sampai di Hari Terakhir

Menargetkan 2.000 dosis vaksin selama empat hari.

Instagram bukan lagi Aplikasi Berbagi Foto
Fun
Instagram bukan lagi Aplikasi Berbagi Foto

Berkaca dari pesatnya TikTok dan YouTube.

Velma, Serial Spinoff Scooby-Doo Bergenre Komedi Dewasa
ShowBiz
Velma, Serial Spinoff Scooby-Doo Bergenre Komedi Dewasa

Velma disuarakan oleh Mindy Kaling.