Sanggar Tari Kahuripan Kodim 0619/Purwakarta Juara Loba Tari

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 19 Agustus 2016
Sanggar Tari Kahuripan Kodim 0619/Purwakarta Juara Loba Tari
Ilustrasi. (Foto: cirebonkab.go.id)

MerahPutih Budaya - Guna menumbuhkan kembali semangat berksenian dan mengembalikan minat para generasi muda untuk mencintai budaya dan kesenian daerahnya, Komando Resort Militer (Korem) 063/SGJ menggelar perlombaan tari daerah. Dalam perlombaan itu, Sanggar Tari Kahuripan dari Kodim 0619/Purwakarta berhasil menggondol juara pertama.

Seiring berjalanannya waktu, tak kita pungkiri peminat kesenian daerah pun mengalami penurunan. Sejumlah sanggar sepi, bahkan sampai gulung tikar. Perlombaan tari daerah, menurut Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram, merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71.

Perlombaan tari itu diikuti oleh sejumlah sanggar tari dari jajaran kodim yang berada dalam naungan Korem 063/SGJ. “Kalau tahun sebelumnya kami gelar di Gedung Kesenian Rarasantang, sekarang kita adakan di aula Makorem 063/SGJ,” kata Bahram, Jumat (19/8).

Menurut Bahran, para peserta yang mengikuti lomba tari itu merupakan salah satu bukti kecintaannya pada jati diri bangsa. Pasalnya, saat ini, budaya-budaya asing masuk begitu deras hingga mengobrak-abrik budaya bangsa Indonesia. “Banyak budaya asing yang masuk dan merusak nilai-nilai budaya bangsa Indonesia seperti narkoba, pergaulan bebas serta gaya hidup komsumtif," kata Bahram.

Danrem juga mengatakan, perlombaan tari daerah tersebut tentunya salah satu langkah dalam melestarikan budaya dan seni agar tidak punah. 

“Para peserta juga tidak hanya menari, harusnya memahami pesan yang terkandung dalam tarian tersebut. Tari tradisional ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan yang serupa,” ucapnya.

Sementara itu, dalam perlombaan tari daerah itu, yang berhasil keluar sebagai juara pertama yakni Sanggar Tari Kahuripan dari Kodim 0619/Purwakarta, juara kedua Sanggar Tari Kartika dari Korem063/SGJ, dan juara ketiga Sanggar Tari Puspawani dari Kodim 0604/Karawang. (Irm)

BACA JUGA:

  1. Airin Rachmi Diany Bertekad Lestarikan Tradisi Lebaran Betawi
  2. Festival Buleleng 2016 Tampilkan 100 Penari Tarian Khas Kota Singa Ambara Raja
  3. Aiptu Yanto, Harumkan Nama Bangsa Lewat Tari Tradisional
  4. Pengabdian Aiptu Yanto Marindi untuk Kelestarian Seni Tari
  5. Boneka Tari di Kota Tua Sukses Hibur Masyarakat
#Sanggar Tari Kahuripan #Kodim 0619/Purwakarta #Korem 063/SGJ
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan