Sanggar Primitif, UKM Unggulan di Depok Sanggar Primitif Depok, Jawa Barat

Merahputih budaya- Seperti rumah pada umumnya, tidak ada yang berbeda saat berhenti di depan halaman kediaman Oman Sumarna atau akrab disapa Kang Oman. Terlihat beberapa tanaman hias tak terawat di atas pagar rumah. Aktivitas didalam rumah pun tak terlihat lantaran tertutup pagar.

Namun, suasana langsung berubah saat masuk ke halaman rumah Kang Oman. Beberapa pahatan patung dan topeng tampak di sudut halaman. Tak ketinggalan limbah-limbah bekas ukiran kayu berserakan menjelaskan kesibukan rumah tersebut.

Memang, selain menjadi tempat tinggal, rumah Kang Oman pun dijadikan sanggar kerajinan pahatan kayu tradisional dengan mengambil tema-tema primitif sebagai karyanya. Berlokasi di Jalan Raya Muchtar, Gang Gandaria RT 04 RW 02 No 75, Sawangan Lama, Depok, sanggar ini disebut sebagai satu-satunya yang masih berkarya. Hasilnya pun terbilang layak menjadi produk unggulan. Sebab, ditangan Kang Oman, sebuah kayu yang tidak berbentuk bisa disulap menjadi karya yang tak ternilai harganya.

"Karya saya memang produk unggulan di Depok. Soalnya di Depok ini cuma saya yang bikin kerajinan kaya gini (tema primitif)," ucap Kang Oman di halaman yang juga berfungsi sebagai tempat kerjanya, Jumat (8/1).

Sebagai salah salah satu produk unggulan, karya-karyanya pun laris manis dipasaran seni pahat tanah air, bahkan sudah mendunia. Namun, diakuinya keterbatasan tenaga dan dana menjadi kendala untuk melakukan produksi massal.

"Malah kalau barang saya udah sampai internasional kaya Singapura, Thailand, Amerika, Jepang. Tapi kita enggak mampu buat ekspor terus. Kita enggak kaya pabrik bisa produsi banyak, yang kedua dana juga enggak ada," katanya.

Tak putus asa, Kang Oman terus berkarya dan memasarkan produknya, meskipun dengan harga yang relatif murah.

"Harganya relatif. Kalau ditangan saya ada yang 300 ribu tapi kalau udah di tangan kedua, dia bisa jual sampe 15 jutaan," ucapnya. (yni)

 

BACA JUGA: 

  1. Mengenal Tari Alun Parang di Peringatan 'Jogja Kota Batik Dunia'
  2. Ragam Pesona Yogyakarta
  3. Liburan Asyik di Tempat Wisata Arung Jeram Citra Elo Yogyakarta
  4. Ini Alasan Pengendara Sepeda Hadang Konvoi Moge di Yogyakarta

 



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH