Sangat Megah, 3 Masjid Ini Laksanakan Salat Id degan Jumlah Jemaah Terbanyak Masjid-masjid yang menampung lebih dari ratusan ribu jemaah (Foto: NaukriNama)

IDUL fitri yang menandakan berakhirnya bulan suci ramadan, merupakan momen dimana seluruh umat muslim khususnya masjid akan dipenuhi oleh mereka yang hendak melaksanakan salat id. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa masjid terbesar yang mampu menampung hingga ratusan ribu jemaah? Berikut daftar masjid-masjid terbesar yang mampu menampung lebih dari puluhan ribu umat muslim pada saat salat ed atau hari raya.

1. Masjid Al-Haram

Sangat Megah, 3 Masjid Ini Tampung Jamaah Salat Id Terbesar di Dunia
Masjid Al-Haram (Foto: Mecca.net)

Lokasi: Makkah, Arab Saudi
Kapasitas : +900.000 jemaah dan bisa menyentuh angka +4 juta selama hari raya.

Masjid Agung yang paling suci dalam Islam, menjadi tempat berkumpulnya seluruh umat muslim yang ada di dunia. Sebagaimana lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk beribadah haji.

Masjid ini mampu menampung hingga jutaan pengunjung setiap harinya dan bahkan bisa berlipat jika hari-hari besar tiba seperti idul fitri & idul adha.

2. Al Masjid An-Nabawi

Sangat Megah, 3 Masjid Ini Tampung Jamaah Salat Id Terbesar di Dunia
Masjid Nabawi mampu menampung jutaan jemaah (Foto: Medium)

Lokasi: Madinah Arab Saudi
Kapasitas: +500.000 jemaah

Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada 622M ini memiliki fungsi yang tidak hanya sebagai tempat ibadah. Melainkan pengadilan, sekolah agama, hingga pusat komunitas.

Struktur yang terus menerus diperluas berkali-kali setiap tahunnya. Dan ekspansi terbesarnya dilakukan oleh pihak Kerajaan pada tahun 1994.

Banyak peziarah yang melakukan perjalanan haji ke Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi karena hubungannya yang amat sangat kuat dengan kehidupan Nabi. Bahkan, hampir setiap tahun puluhan ribu peziarah melakukan ritual itikaf di masjid ini.

3. Faisal Mosque

Sangat Megah, 3 Masjid Ini Tampung Jamaah Salat Id Terbesar di Dunia
Masjid Faisal masjid nasional di Pakistan (Foto: Dawn)

Lokasi: Islamabad, Pakistan
Kapasitas : +100.000 jemaah

Bentuk Masjid yang terinspirasi oleh desert bedouin's tent, dan Ka'bah di Mekah. Serta empat menara yang tidak biasa merupakan campur tangan arsitektur asal Turki yang tidak memiliki tampilan kubah tradisional.

Masjid yang dikategorikan sebagai masjid nasional negara Pakistan diharapkan menjadi aspirasi serta simbol harapan baru untuk mereka.

Sebagaimana namanya, Masjid ini dibangun untuk mengenang Raja Faisal yang memberikan dorongan untuk bisa membangun masjid pada tahun 1969. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH