Sandiaga Uno Dikabarkan Cegukan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Kenali penyebab dan cara mengatasi cegukan (foto: Mp/Rizki Fitrianto)

PADA pesta demokrasi Indonesia yang digelar pada hari Rabu Kemarin, 17 April 2019. Di mana seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, DPR, DPRD Tingkat I dan II, serta DPD.

Ditengah Pemilu 2019, terbesit sebuah kabar yang cukup mengejutkan. Yakni kabar kondisi kesehatan Sandia Uno yang kurang baik, dia dikabarkan sakit cegukan.

Berbicara soal cegukan, hampir semua orang tentu pernah mengalami cegukan. Namun cegukan kerap kali disepelekan lantaran dianggap sebagai kondisi yang tak berbahaya.

Kendati demikian, cegukan cukup menggangu aktivitas kamu sehari-hari, apalagi jika dalam durasi yang lama, bisa membuat kamu kelelahan.

Seperti yang dilansir dari laman go-dok, cegukan merupakan sebuah kondisi umum yang ditandai kontraksi secara tak sadar organ diafragma, serta diikuti dengan tertutupnya laring dan glotis. Hingga udara tak dapat melewati tenggorokan.

Ada beberapa penyebab terjadinya cegukan (Foto: irishtimes)

Kendati cegukan akan hilang dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, kondisi ini merupakan sebuah tanda awal munculnya sebuah gangguan kesehatan yang lebih parah.

Adapun beberapa penyebab kemunculan cegukan, seperti kebiasaan makan dan minum terlalu cepat, konsumsi makanan yang terlalu panas, dingin atau pedas, konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, menghirup terlalu banyak udara, kebiasaan merokok, serta stres atau perasaan bahagia yang berlebihan.

Baca juga:

Konsumsi Protein Berlebihan Bisa Berbahaya, ini Penjelasannya

Adapun cara sederhana untuk mencegah cegukan yaitu minum air terbalik. Caranya bukanlah menuangkan air diatas kepala kamu. Kamu hanya cukup menuangkan segelas air, menggerakan kepala kedepan dan kebawah diatas gelas, dan memiringkan gelas kedepan hingga kamu minum dari sisi 'berlawanan' dari gelas. Di mana jari kamu biasanya memegang cangkir.

Trik mengatasi cegukan (Foto: thisisinsider)

Apakah itu benar-benar berfungsi? Dalam sebuah wawancara dengan business insider, otolaryngologist Universitas New York (seorang Dokter THT) bernama Dr. Erich Voigt, mengatakan jika 'minum air terbalik' satu-satunya obat cegukan yang manjur.

Baca juga:

Beberapa Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Kinerja Otak Kamu

Namun bagi Erich, bukanlah soal trik minum air, tapi memiringkan kepala kamu. Karena gerakan itu memaksa otot perut untuk berkontraksi, dan mungkin juga mengalihkan perhatian kamu dari cegukan, ketika mencoba minum tanpa membuat kekacauan.

Erich mengklaim trik tersebut bahkan bisa membantu seseorang yang mengalami cegukan, selama dua minggu berturut-turut. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH