Sandiaga Kembali Jadi Wagub DKI, Pengamat: Kemungkinannya Sangat Kecil Pelantikan Anies-Sandi. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Isu tentang kembalinya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta belakangan ini ramai diperbincangkan. Beragam tanggapan juga muncul terkait hal itu. Salah satunya keluar dari mulut Pengamat politik, Emrus Sihombing.

Ia menilai, kemungkinan Sandiaga untuk kembali ke kursi tertinggi nomor dua di DKI Jakarta itu sangat kecil adanya. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor.

Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan) bersama Wagub Sandiaga Uno saat sertijab di Balai Kota. (MP/Rizki Fitrianto)
Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan) bersama Wagub Sandiaga Uno saat sertijab di Balai Kota. (MP/Rizki Fitrianto)

"Hal itu bisa saja itu terjadi. Hanya saja, dia sudah mundur secara kesatria, belum tentu mau menjabat Wagub DKI lagi, dan (kalau menjabat lagi; Red) itu tidak bagus dilihat publik," kata Emrus, kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/4).

Emrus melanjutkan, meski politik di Indonesia terlihat sangat dinamis dan cair. Namun pada praktiknya kental dengan pragmatisme. Ini juga bisa menghambat untuk sandi kembali jadi pasangannya Anies Baswedan.

Tapi, kata Emrus, segala kemungkinan bisa saja terjadi, asalkan didasari dari kompromi dan lobi-lobi. Terlebih PKS telah mengirimkan dua kadernya untuk diproses dalam paripurna DPRD DKI.

Ditambah lagi berdasarkan hasil real count sementara KPU, PKS kini menempati urutan kedua di DKI dengan raihan 18,01 persen suara, kalah tipis dari PDI-P yang meraih 19,01 persen suara.

Dengan kekuatan yang sebesar itu, tidak mungkin PKS membiarkan kursi Wagub DKI kembali diduduki Sandi. "Tentu PKS akan berjuang, tidak mungkin melepas begitu saja," kata Emrus yang juga pengajar dari Universitas Pelita Harapan ini. (Knu)

Baca Juga:Sandi Bakal Balik Jadi Wagub DKI Jakarta, Sekwan: Jadi Sejarah Baru



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH