Tiru Negara-negara Maju, Ini Kata Sandi TPST Bantar Gebang di Masa Depan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 09 Maret 2018
Tiru Negara-negara Maju, Ini Kata Sandi TPST Bantar Gebang di Masa Depan
TPST Bantar Gebang. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu (TPSP) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (9/3).

Sandiaga berjanji Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan melakukan pembenahan di TPSP tersebut.

Pasalnya, kata dia, TPST Bantar Gebang kini dikelola Unit Pengelola Sampah Terpadu Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 2016.

"Sejak 2016 mulai dikelola sendiri oleh Pemerintah Provinsi dan kami mesti terus berbenah," ujar Sandiaga di lokasi.

Tak hanya itu, Sandiaga menuturkan ada peluang besar bagi Pemprov DKI untuk mengelola sampah di TPST Bantar Gebang itu. Sebab menurutnya, sampah yang selama ini dianggap musibah, bisa dikelola dengan baik dan menjadi berkah bagi semua masyarakat.

"Bahwa sampah yang selama ini dianggap sebagai musibah, bisa dikelola dengan baik dan akan menghadirkan berkah dan ini menjadi hikmah bagi kita semua," tuturnya.

Mantan Ketua HIPMI ini pun menjelaskan di kota-kota besar di dunia, sampah dapat dimanfaatkan menjadi sumber penghidupan seperti pariwisata, pengelolaan energi, dan pengelolaan air.

"Sampah ini, saya baru lihat di beberapa kota yang lebih maju, kalau di-manage (dikelola) dengan baik justru bisa menjadi sumber penghidupan, baik itu pariwisata, maupun juga pengelolaan air dan pengelolaan energi," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Anies Usulkan PLTSa Bantar Gebang juga Dibuka untuk Warga

#TPST BantarGebang #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan