Sandiaga Geram Ondel-Ondel Ngamen di Jalanan Topeng Ondel-ondel di Sanggar Betawi Utan Panjang, di Jalan Utan Panjang III RT 014/05, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/1). (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

Merahputih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin maskot Betawi yakni ondel-ondel ditampilkan menjadi ornamen pada perhelatan Asian Games 2018 Agustus mendatang.

"Jadi Ondel-ondel bisa dipakai sebagai ornamen daripada Asian Games juga sebagai ingetin juga bahwa Asian Games di Tanah Betawi," kata Sandiaga di Blok G, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (5/2).

Tapi. Politisi Partai Gerindra ini belakangan sedih melihat ondel-ondel. Sebab, ondel-ondel digunakan untuk meminta sumbangan atau mengamen diacara Car Free Day. Seharusnya Ondel-ondel tampilkan di acara-acara resmi.

"Saya suka sedih kalau lihat Car Free Day Ondel-ondel jalan-jalan kaya ngamen gitu padahal ondel-ondel Betawi harusnya kita pajang di setiap acara resmi," jelas Sandiaga.

Sandiaga pun menceritakan ketika dirinya mengikuti lomba lari Marathon, Ondel-ondel ditampilkan di garis akhir (finish) yang memang harus menjadi bagian dari sebuah proses acara. Lanjut Sandiaga, Ondel-ondel yang ada di jalan harus diberdayakan dan tak perlu meminta sumbangan.

"Kemarin saya lihat (lari) Marathon finish ada Ondel-ondel sebelah kiri nggak perlu ngemis-ngemis, itu sudah jadi bagian daripada prosesi acara dan ada biayanya juga. Malah Ondel-ondel yang di jalan itu bisa kita (Pemprov) karyakan," tandasnya. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH