Sandiaga Dilabeli Ulama, Kiai Ma'ruf Amin: Mereka Anggap Ulama Itu Apa! KH Ma'ruf Amin. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com- Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mempertanyakan dasar pelabelan rivalnya di Pilpres 2019 Sandiagaa Uno sebagai ulama.

Hal itu merujuk kepada pandangan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid yang menyebut Cawapres Sandiaga Uno layak disebut ulama.

"Mereka menganggap ulama itu apa, gitu lo. Jadi kalau mereka ulama, tanya saja dasarnya ulama apa," kata Ma'ruf di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Ketua MUI itu pun tidak mau berkomentar banyak dan hanya meminta agar pemberi label ulama itu menjelaskan maksudnya. "Yang memberi label itu alasannya apa?" tegas Ma'ruf.

Setelah melabeli Sandiaga Uno dengan label santri post-islamisme, kini petinggi PKS kembali melabeli mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dengan sebutan ulama.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (MerahPutih.com/Fadly)

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid yang menyebut Sandi layak disebut ulama meski tidak mendalami ilmu agama islam. Menurut penjelasnya, dalam Alquran istilah ulama disebutkan dalam Surat As-Syura dan Surat Al-Fatir.

"Kedua-duanya justru ulama itu tidak terkait dengan keahlian ilmu agama Islam. Satu tentang ilmu sejarah, yaitu dalam Surat As-Syuro dan Surat Al-Fatir itu justru science, scientist," kata Hidayat di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/9) kemarin.

Mengacu pada dua surat itu kata HNW, Sandiaga juga layak disebut seorang ulama. Keulamaan itu ditunjukkan Sandiaga dalam perilakunya.

"Menurut saya sih Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi. Perilakunya, ya perilaku yang juga sangat ulama, beliau melaksanakan ajaran agama, beliau puasa Senin-Kamis, salat duha, salat malam, silaturahmi, menghormati orang-orang yang tua, menghormati semuanya, berakhlak yang baik, berbisnis yang baik, itu juga satu pendekatan yang sangat ulama. Bahwa kemudian beliau tidak bertitel 'KH' karena memang beliau tidak belajar di komunitas tradisional keulamaan," terang Wakil Ketua MPR itu. (*)

Baca Berita Menarik Lainnya: PSI: Hanya Dalam Sebulan PKS Angkat Sandi dari Santri Jadi Ulama, Menggelikan



Fadhli

LAINNYA DARI MERAH PUTIH