Sandiaga Curhat Pengalaman Buruknya Berbisnis dengan Pengusaha China Sandiaga Uno di Kronjo. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Mantan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku pernah mendapat pengalaman buruk saat berbisnis dengan pengusaha China.

Sandi yang juga Wakil Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif KADIN itu mengisahkan kembali pengalaman berinvestasi dan berbisnis dengan pengusaha negeri Tirai Bambu itu dalam diskusi 'Indonesia menanggapi Mega Proyek Cina One Belt One Road (OBOR)' di Jakarta, Rabu (7/8).

Baca Juga: Sandiaga Uno Bakal Jadi Menteri Kabinet Baru Jokowi? Ini Kata BPN

"Saya pernah mengalami sewaktu membangun pembangkit listrik, awal-awalnya berjalan baik, senang-senang saja tapi ternyata begitu selesai dibangun, sewaktu pengoperasian, semua tenaga kerja didatangkan dari China. Bahkan tukang masaknya juga dari China," ujar Sandiaga.

Pengusaha yang juga politisi Sandiaga Uno
Sandiaga Salahuddin Uno (MP/Rizki Fitrianto)

Lebih lanjut Sandi berharap kejadian yang sama agar jangan sampai terulang. Menurutnya, Indonesia harus belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya.

"Kita jangan hanya jadi penonton, kita coba jadi pemain inti. Jangan juga jadi pemain cadangan, harus jadi pemain inti," ujar Sandiaga.

Ketika investasi tidak berhasil dijalankan, dampaknya tentu tidak akan dirasakan oleh masyarakat. Menurut Sandiaga, hal itu sangat merugikan sekali.

Menurut mantan Wagub DKI Jakarta itu, jika sejak awal pemerintah tidak teliti, baik perencanaan dan eksekusinya akan menghadirkan suatu proyek investasi yang tidak optimal dan tidak berdampak strategis dan berjangka panjang bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga: Pesan Sandiaga Uno soal Krisis Ekonomi Bangsa yang Bakal Terjadi

Sandi sebagaimana dilansir Antara paham bahwa setiap investor pasti mencari keuntungan. Caranya dengan menekan biaya serendah-rendahnya, kemudian pergunakan kekuatan modal yang dimiliki untuk mendapat peluang yang terbaik untuk investor.

Indonesia sebagai negara yang menerima investasi tersebut juga harus memiliki kemampuan untuk bernegosiasi dengan cermat dan cerdas untuk memastikan agar jangan sampai ditekan.

"Kita investasi bersama di sini, harus sama-sama untung investasinya," tutup Sandiaga Uno.(*)

Baca Juga: PKS Buka Pintu Selebar-Lebarnya untuk Sandiaga Uno



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH