Sandi Minta Wagub DKI Sabar dan Jangan Baper Sandiaga Uno saat acara Tea Walk 2017 di Puncak Bogor. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyarankan dua calon wakil gubernur DKI Jakarta Riza Patria dan Nurmansjah Lubis untuk sabar dalam bekerja bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Sandi, tugas menjadi wagub DKI Jakarta sangat berat. Terlebih lagi publik punya perhatian lebih terhadap tindak tanduk Anies.

Baca Juga:

Panlih Sepakat Pemilihan Wagub DKI Jakarta Digelar 23 Maret

"Ini risikonya besar karena sorotan wagub apalagi sudah menunggu lama. Harus sabar-sabar, jangan baperan," kata Sandi saat ditemui di Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3).

Sandi mengatakan, Anies adalah orang yang dinamis, sehingga siapa pun yang menjadi wakil gubernur harus bisa memosisikan diri sebagai pemberi usulan-usulan inovatif kepada Anies.

Ia berpesan kepada dua cawagub terkait dua hal yang harus segera dibenahi. Tugas dalam waktu dekat adalah menjaga stabilitas ekonomi jelang Lebaran. Sementara tugas jangka panjang adalah penanganan banjir.

"Membantu gubernur menyelesaikan beberapa agenda penting, seperti penangan banjir maupun masalah-masalah yang sudah menjadi sorotan masyarakat. Itu bisa dibantu oleh wagub," ujar dia.

Diskusi Polemik MNCTrijaya bertajuk "WNI ISIS Dipulangkan atau Dilupakan?", di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3). (Foto: MP/Kanugrahan)
Diskusi Polemik MNCTrijaya bertajuk "WNI ISIS Dipulangkan atau Dilupakan?", di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3). (Foto: MP/Kanugrahan)

Selain itu, terkait kebijakan ekonomi, Wakil Gubernur Jakarta perlu memastikan lapangan pekerjaan untuk warga terus tumbuh. Lalu, beberapa agenda penting yang menjadi sorotan harus segera diselesaikan.

Agenda penting yang dimaksud Sandi penanganan banjir.

"Hal itu bisa dibantu oleh wakil gubernur, karena sudah menunggu terlalu lama," kata Sandi.

Wakil Gubernur Jakarta yang baru juga harus memastikan harga bahan pokok terjaga dalam jangka pendek. Sebab, masyarakat Indonesia akan menjalani Ramadan sebentar lagi. "Itu tugas utama Pak Wagub Jakarta yang akan terpilih," katanya.

Baca Juga:

Kedua Cawagub Minta Anies Pertimbangkan Formula E Terkait Corona

Sebagai mantan pendamping, menurut dia Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan pribadi yang mau bekerja sama. Meski begitu, wakil gubernur perlu pro aktif dan terus berinovasi dalam menyelesaikan masalah.

"Harus inovatif, regulasi-regulasi mana yang bisa dihadirkan untuk pelayanan publik yang baik," kata Sandi.

Sebagaimana diketahui, DPRD DKI Jakarta akan memilih Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 23 Maret nanti. Ada dua calon wakil gubernur atau cawagub Jakarta yaitu Nurmansyah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

Keduanya bersaing menjadi pendamping Anies, yang ditinggal Sandi sejak Agustus 2018. Sandi maju menjadi Calon Wakil Presiden 2019-2024, mendampingi Prabowo Subianto. (Knu)

Baca Juga:

M Taufik: Jika Terpilih Jadi Cawagub, Riza Patria tak Perlu Mundur dari DPR


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH