Sandi Janji Stabilkan Harga Tiket Pesawat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 09 Februari 2023
Sandi Janji Stabilkan Harga Tiket Pesawat
Pesawat. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Data One Solution Pertamina, harga bahan bakar Avtur rute domestik di Bandara Soekarno Hatta (CGK) periode 1-14 Februari 2023 turun jadi Rp 14.947,59 per liter untuk penerbangan domestik dan 88,9 sen dolar AS/liter untuk penerbangan internasional.

Sementara untuk periode sebelumnya, yakni pada 15-31 Januari 2023, harga berada di Rp 15.136,8 per liter untuk penerbangan domestik dan 88,2 sen dolar AS/liter untuk penerbangan internasional.

Baca Juga:

Harga Tiket Pesawat Harus Diturunkan Buat Tekan Biaya Haji

Harga tiket penerbangan dipengaruhi oleh tiga hal, yakni faktor muat penumpang atau load factor, ketersediaan pesawat, hingga harga Avtur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan upaya yang dilakukan agar harga tiket pesawat stabil, melalui koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi pesawat.

"Presiden sudah berikan arah kepada saya dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi dengan maskapai-maskapai yang siap untuk China terutama dan India yang merupakan peluang yang sangat potensial," ujarnya.

Selain itu, terdapat kajian harga bahan bakar Avtur, yang merupakan komponen terkait harga tiket yang cukup signifikan, yang mana nantinya akan dilaporkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Sandiaga menekankan, pihaknya fokus mengusahakan agar bahan bakar Avtur dapat berdaya saing.

"Melalui penambahan penerbangan dan ketersediaan kursi diharapkan turut berkontribusi agar harga tiket berangsur turun. (Asp)

Baca Juga:

KAI Berikan Penawaran Tarif Reduksi hingga Tarif Subkelas Tiket Kereta Api

#Inflasi #Tiket Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan