Sandi: Jakarta Harus Ikuti Tokyo Cara Tangani Penurunan Tanah Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. (MP/Ponco Sulaksono)

Merahputih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan kota Tokyo, Jepang pernah mengalami penurunan tanah seperti di Jakarta pada tahun 1960.

Dengan begitu, pria yang akrab dipanggil Sandi ini menuturkan, Indonesia khususnya Jakarta harus mengikuti cara Jepang untuk melakukan menyetopan pengambilan air tanah melalui pipanisasi air.

"Tokyo mengalami itu (penurunan tanah) di tahun 60an dan Tokyo bisa menyetop penurunan muka tanahnya karena menyetop juga pengambilan air tanah. Dan itu harus diikuti pipanisasi," kata Sandiaga di Kementerian PUPR di Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Namun, Politisi Partai Gerindra ini berkata, semua yang dilakukan masyarakat harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Kami ingin tertibkan ke depan dan ini akan memulai suatu gerakan. Bahwa untuk memastikan air tanah tidak turun lagi, ya kami harus lakukan sesuatu yang drastis," tuturnya.

Sandiaga pun mengklaim bahwa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengapresiasi sidak yang dilakukan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang menemukan gedung-gedung perkantoran yang masih menggunakan air tanah.

"Kemarin sudah mulai kita pukul gong-nya dan diapresiasi oleh Pak Menteri. (Proses) Ini akan bertahap," pungkasnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH