Sanchez ke Manchester United, Mkhitaryan ke Arsenal. Menghitung Mana yang Lebih Untung?

Thomas KukuhThomas Kukuh - Selasa, 23 Januari 2018
Sanchez ke Manchester United, Mkhitaryan ke Arsenal. Menghitung Mana yang Lebih Untung?
Alexis Sanchez dan Henrikh Mkhitaryan (zimbio)

MerahPutih.com - Bursa transfer Januari ini diramaikan kabar transfer Alexis Sanchez dari Arsenal ke Manchester United dan bertukar dengan Henrikh Mkhitaryan. Setelah sempat terhambat, keduanya akhirnya resmi mengenakan jersey klub baru mereka.

Semula Manchester United harus membayar sekitar 35 juta pound plus Mkhitaryan untuk mendatangkan Sanchez. Namun, belakangan transfer ini merupakan barter murni tanpa uang pembelian.

Karenanya sangat menarik untuk membandingkan langsung kedua pemain yang bertukar tepat ini. Alexis Sanchez dan Henrikh Mkhitaryan saat ini sama-sama berusia 29 tahun. Keduanya juga akan menjadi pemain bergaji tertinggi di klub barunya.

Lalu, siapa yang lebih unggul? Serta klub mana yang diuntungkan dengan pertukaran ini?

Soal Gol, Alexis Sanches Lebih Unggul

Sanchez dan Mkhitaryan memang bukanlah dua pemain bertipe sama. Jadi mungkin agak tak adil membandingkan soal produktivitas gol.

Soal gol Sanchez jelas lebih dominan. Pemain asal Cile ini suda mengoleksi 60 gol di Premier League dalam 122 penampilan. Rasionya hampir satu gol tiap pertandingan.

Sedangkan Mkhitaryan hanya mencetak lima gol di Premier League bersama Manchester United. Wajar karena pemain Armenia ini berposisi sebagai playmaker, bukan penyerang.

Mkhitaryan tercatat membuat satu gol tiap 456 menit. Sedangkan Sanchez membuat satu gol tiap 169 menit.

Soal Kreativitas, Henrikh Mkhitaryan Lebih Unggul

Bicara soal kreativitas, jumlah assist biasanya menjadi patokan. Untuk assist, Mkhitaryan mencatat rata-rata 0,24 assist per laga. Sedangkan Sanchez hanya 0,22 assist per penampilan. Mkhitaryan unggul tipis dalam hal assist ini.

Secara rata-rata, Mkhitaryan melepaskan umpan sempurna 51,47 per laga. Sedangkan Sanchez hanya 48,16. Untuk urusan akurasi umpan, Mkhitaryan mencatat 83,44 persen. Jauh di atas Sanchez yang hanya 75,86 persen.

Sanchez Hadirkan Ancaman Lebih Besar

Seperti yang sudah dibahas di atas, Sanchez mencetak lebih banyak gol ketmbang Mkhitaryan. Selain itu, Sanchez juga memiliki tingkat kesuksesan lebih tinggi daripada Mkhitaryan.

Alexis Sanchez tercatat 14,08 persen dari tembakannya membuahkan hasil. Sedangkan Mkhitaryan hanya 10,42 persen. Hal ini wajar karena dalam soal rata-rata lepasan tembakan, Sanchez juga mengungguli Mkhitaryan, 1,44 tembakan per laga berbanding 0,83.

Siapa Lebih Untung?

Melihat catatan di atas, kedua kubu tampaknya sama-sama dintungkan. Karena kedua klub mendapatkan pemain yang dibutuhkan. Jose Mourinho saat ini membutuhkan pemain yang garang di depan gawang lawan. Sedangkan Arsene Wenger akan senang mendapatkan pemain yang cocok dengan gaya permainan Arsenal. (*/BolaSkor)

#Manchester United #Henrikh Mkhitaryan #Arsenal #Alexis Sanchez
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan