Samuel Johnson Penyusun Kamus yang Diperingati Google Doodle Hari ini Samuel Johnson sebagaimana dilukis Joshua Reynolds

MerahPutih.Com - Google hari ini Senin (18/9) memasang doodle khusus untuk seorang pujangga Inggris Samuel Johnson yang merayakan ulang tahunnya yang ke-308. Jika membuka halaman pertama google akan tampak animasi buku tebal dengan tulisan lexicographer beserta penjelasannya dalam bahasa Inggris.

Siapakah Samuel Johnson yang jadi tema google doodle hari ini?

Samuel Johnson lahir di Lichfield, Staffordshire, Inggris 18 September 1709. Menurut James Boswell dalam bukunya The Life of Samuel Johnson menyatakan bahwa Samuel Johnson tercatat sebagai salah satu tokoh penulis biografi yang paling terkenal dalam sastra Inggris.

Semasa hidupnya, Samuel Johnson mengenyam pendidikan di Pembroke College, Oxford. Namun setahun kemudian ia berpindah ke London dan memulai menulis untuk The Gentleman’s Magazine. Selain menulis, Samuel Johnson juga dikenal sebagai seorang esais, penyair dan leksikografer alias penyusun kamus.

Samuel Johnson juga menulis kritik sastra terhadap karya-karya pujangga besar Inggris seperti William Shakespeare dan Alexander Pope.

Puncak dari karyanya, Samuel Johnson menulis kamus bahasa Inggris. Pada tahun 1746, Samuel Johnson memulai proyek penulisan kamus yang menjadi embrio kamus bahasa Inggris modern. Penulisan kamus tersebut dipelajari Samuel Johnson dengan meruju pada Academie Francaise. Bedanya, dalam kamusnya Samuel Johnson memaparkan secara detail asal-usul kata atau etimologi. Kamus itu disusun dalam kurun waktu tiga tahun.

Meski kamus yang disusun Samuel Johnson bukan yang pertama namun hampir 150 tahun kemudian baru kamus modern diluncurkan lewat Oxford English Dictionary. Atas jasa-jasanya sebagai leksikografer, peringatan kelahiran tanggal 18 September muncul dalam google doodle hari ini.

Samuel Johnson meninggal 13 Desember 1784 dalam usia 75 tahun. Sebagai penghargaan, Samuel Johnson dimakamkan di pemakaman keluarga bangsawan Inggris, Wesminter Abbey tanggal 20 Desember 1784.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH