Samsung Galaxy S24 Dirumorkan akan Dibekali Chipset Exynos dan Snapdragon

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 08 Oktober 2023
Samsung Galaxy S24 Dirumorkan akan Dibekali Chipset Exynos dan Snapdragon
Chip Exynos sempat menyebabkan masalah pada ponsel Galaxy. (Foto: 9to5Google)

SAMSUNG berhenti menggunakan chipset milik mereka yaitu Exynos sejak kemunculan Galaxy S23 pada Februari 2023. Chipset Exynoss terakhir digunakan pada seri S22 dengan kode Exynoss 2200. Chipset tersebut kalah jauh peformanya dengan Snapdragon.

Para fans dan beberapa reviewer mengaju kecewa dengan peforma Exynos yang jauh dari Snapdragon. Misalnya, ponsel Samsung yang menggunakan chipset Exynos dikenal mudah panas dan tidak irit baterai. Untuk peforma game, performa chipset ini masih kalah dengan Snapdragon.

Pada saat S23 rilis, Samsung secara resmi tidak menggunakan Exynos. Kemungkinan itu menjadi tanggapan mereka setelah medengar banyak keluhan dari pengguna.

Baca juga:

Samsung Galaxy S24 untuk Eropa mungkin akan Kembali Hadir dengan chip Exynos

Samsung gunakan chipset Snapdragon pada seri S23. (Foto: Samsung)

Meski demikian, GSMArena melaporkan bahwa berdar rumor tentang seri S24 mendatang yang akan dibekali chipset Exynos dan Snapdragon. Disebutkan Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus akan menggunakan CPU Exynos 2400 atau Snapdragon 8 Gen 3, tergantung wilayahnya. Sementara, S24 Ultra akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 di setiap pasar.

Hal ini akan menjadi pertanyaan baru, Seberapa besar Samsung akan mengandalkan chipsetnya sendiri dibandingkan dengan yang diproduksi oleh Qualcomm? Pasalnya, Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra semuanya ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm, sedangkan Galaxy S23 FE menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan seri sebelum gen 2.

Samsung mengumumkan bahwa chipset ini akan hadir dalam pratinjau teknologi khusus. Membawa kinerja 1,7 kali lebih cepat secara keseluruhan dan kinerja AI 14,7 kali lebih cepat, dibandingkan dengan pendahulunya Exynos 2200.

Baca juga:

Apple Andalkan Samsung untuk Produksi Layar iPhone 15

Chipset Samsung kesulitan mengimbangi performa Snapdragon. (Foto: Samsung)

Berdasarkan catatan dari Electronic Notes, Exynos 2300 tidak pernah diperlihatkan karena mengalami masalah dengan stabilitas dan kecepatan, maka dari itu S23 menggunakan Snapdragon. Sementara itu, Samsung Galaxy S22 menggunakan perpaduan antara Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1.

Meskipun Samsung secara konsisten tertarik untuk menempatkan chipset-nya di dalam ponselnya sendiri, demi membangun perangkat yang lebih baik seperti Apple dan Google, tampaknya Samsung kesulitan untuk membuat lini Exynos menyamai keunggulan Snapdragon.

Kita harus menunggu dan melihat apakah mereka berhasil melakukannya. Ponsel Galaxy S24 diperkirakan akan diluncurkan pada awal 2024, sekitar Januari atau Februari. (aqb)

Baca juga:

Intip Detail Menarik Samsung Z Flip 5 Terbaru

#Teknologi #Samsung #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan