Samsung Beri Pelatihan Coding untuk Para Guru SMA, Ini Tujuannya Samsung Beri Pelatihan Coding untuk Para Guru SMA di Indonesia(foto: samsungrumors)

MELALUI program Samsung Innovation Campus (SIC), Samsung Electronics Indonesia memberikan sejumlah pelatihan untuk guru sekolah menengah pada sekitar 17 SMA dan SMK di Indonesia

Adapun pelatihan tersebut antara lain coding, programming, Artificial Intelligence (AI), dan IoT (Internet of Things). Program tersebut bertujuan untuk mendukung era digital.

Baca Juga:

Pertama Kalinya Samsung Tak Bisa Mencapai Target Tahunan, Ada Apa?

Samsung berfokus pada persiapan sumber daya manusia, hingga mengedepankan infrastruktur untuk lingkungan pendidik. Hal itu dilakuakan agar tiap elemen di dalamnya bisa beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi.

Guru tidak hanya harus memiliki keterampilan manual, tapi juga keterampilan teknologi (Foto: pixabay/pexels)

Menurut Ennita Pramono selaku Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Guru perlu memiliki keseimbangan pengetahuan dan praktis yang baik. Hal itu guna memberikan landasan yang kokoh terhadap apa yang mereka ajarkan.

"Guru tidak hanya harus memiliki keterampilan manual, tapi juga keterampilan teknologi," tutur Ennita seperti yang dikutip dari laman Antara.

Lebih lanjut Ennita menambahkan, bahwa di era digital, cloud computing, big data, dan enkripsi pada beberapa sektor pasar kerja di masa depan, merupakan prioritas tertinggi menurut The Future of Jobs Report 2020 yang dirilis oleh World Economic Forum.

Selain itu, Ennita juga menuturkan, kompetensi guru di bidang teknologi, kelak bisa membawa para siswa menjadi profesional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang ketat dan dinamis.

Bekerja sama dengan Skilvul, dalam program SIC tahun ini guru terlebih dulu dilibatkan secara intensif selama 6 minggu, lewat 2 tahapan pelatihan.

Baca Juga:

Mengintip Bocoran Stylus S Pen dan Casing Samsung Galaxy S21 Ultra

Adapun tahap pertama yakni tahap fasilitasi guru dan workshop inovasi. Pada tahap ini, guru akan diberikan capacity building guna meningkatkan kemampuannya, dalam memfasiltiasi proses pembelajaran online dan paham tentang proses inovasi.

Kemudian, guru pun diberikan pembekalan, dari mulai cara menentukan ide inovasi, pembuatan prototipe, hingga pengenalan User Interface (UI) serta User Experience (UX).

pihak Samsung Electronics Indonesia berharap dapat memperkuat kapasitas guru dalam memfasiltiasi program pendidikan (Foto: pixabay/stocksnap)

Dalam tahap kedua, guru bisa mendapatkan workshop tentang coding. Pada tahap ini guru diberikan kesempatan mendalami pengetahuan coding dasar. Hal itu bertujuan agar guru bisa mengembangkan aplikasi web pertama mereka. Untuk materi yang diajarkan yakni HTML, CSS, Javascript, hingga desain web.

Selain mendapat pengalaman dan gambaran soal coding hingga programming, pengetahuan dasar yang didapat oleh guru dari program SIC, bisa digunakan untuk membantu siswa mengembangkan produk di proyek bersapa pada tahapan pelatihan selanjutnya.

Dengan adanya program SIC, pihak Samsung Electronics Indonesia berharap dapat memperkuat kapasitas guru dalam memfasiltiasi program pendidikan. Dalam hal ini yaitu dibidang informasi dan teknologi.

Selain itu, Ennita juga menjelaskan, yang terpenting para guru semakin memliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas siswa di era industri 4.0. (Ryn)

Baca Juga:

Geser Apple dan Huawei, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pakar Ungkap Jenis Masker Terbaik untuk Mencegah Virus
Fun
Pakar Ungkap Jenis Masker Terbaik untuk Mencegah Virus

Kenali cara pemakaian yang tepat.

JFF Siap Menghibur Pencinta Film Jepang Secara Daring
Fun
JFF Siap Menghibur Pencinta Film Jepang Secara Daring

JFF akan digelar pada Desember 2020.

4 'TV Series' Inggris dengan Rating Tertinggi
Fun
4 'TV Series' Inggris dengan Rating Tertinggi

TV Series Inggris tidak kalah seru dengan TV Series Amerika.

7 Langkah Bijak Jauhkan Pikiran Bunuh Diri
Hiburan & Gaya Hidup
7 Langkah Bijak Jauhkan Pikiran Bunuh Diri

Depresi dan merasa tertekan menjadi alasan yang paling sering disebut memicu perilaku bunuh diri.

Bersaing dengan PlayStation 5, Xbox Series X Bakal Pamerkan Game Eksklusif
Fun
Bersaing dengan PlayStation 5, Xbox Series X Bakal Pamerkan Game Eksklusif

Xbox akan memamerkan judul first-party Series X nya pada 23 Juli 2020.

ICE 2021 Hari Kedua, Para Barista Hadapi Babak Semifinal
Fun
Dewa United Esports Lolos ke Grand Final ASL Spring 2021
Fun
Dewa United Esports Lolos ke Grand Final ASL Spring 2021

Mengakhiri di pucuk klasemen reguler, Dewa United Esports mengantongi 17 poin.

Air Jordan 4 Taupe Haze Rilis Akhir Pekan ini
Fun
Air Jordan 4 Taupe Haze Rilis Akhir Pekan ini

Setelah mengalami penundaan kabarnya sepatu ini akan dirilis pada tanggal 27 Februari tahun ini.

Elon Musk dan NASA Siap Wujudkan Impian Tom Cruise Syuting di Luar Angkasa
Fun
Main Game Ini Bisa Hasilkan Uang?
Fun
Main Game Ini Bisa Hasilkan Uang?

Kesempatan gamer untuk dapat uang?