Teknologi

Samsung Aktifkan Sensor Suhu di Galaxy Watch 5

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 21 April 2023
Samsung Aktifkan Sensor Suhu di Galaxy Watch 5
Fitur sensor temperatur akhirnya dapat digunakan di galaxy watch 5. (Foto: Samsung)

KETIKA Samsung meluncurkan Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro pada Agustus 2022 lalu, fitur kesehatan baru yang besar untuk kedua jam tangan pintar tersebut adalah sensor suhu kulit. Namun, ada satu masalah kecil dengannya, pengguna belum bisa menggunakan sensornya sama sekali.

Pada 19 April 2023 Samsung akhirnya mengaktifkan pelacakan suhu pada jam tangan pintar yang diluncurkan hampir sembilan bulan lalu itu. Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro kini menawarkan pelacakan menstruasi mendetail dengan mengukur suhu inti tubuh penggunanya.

Baca Juga:

Samsung Melepas Galaxy A14 5G

Namun, Samsung menjelaskan fitur ini baru diluncurkan secara progresif ke aplikasi Samsung Health di AS, Korea, dan negara-negara Eropa tertentu.

Sebelumnya, perangkat jam pintar Samsung hanya menghitung jumlah hari sejak pengguna memasukkan periode menstruasi terakhir mereka. “Kini, Samsung Health versi terbaru akan mengukur suhu tubuh basal, atau BBT pengguna tepat saat pengguna tersebut bangun dari tidurnya,” demikian menurut siaran pers Samsung.

Jika aplikasi Samsung Health telah diperbarui, pengguna akan dapat menemukan fitur terbaru ini di bawah fitur pelacakan siklus menstruasi. Samsung menggunakan teknologi inframerah untuk melacak suhu tubuh pengguna dan menentukan apakah pengguna hampir berovulasi atau memulai menstruasi.

Baca Juga:

Belum Rilis, Tampilan Samsung Galaxy Book 3 Tersebar

Samsung berkolaborasi dengan Natural Cycles untuk menawarkan fitur ini, yang diumumkan sebagai mitra pada bulan Februari lalu. Meskipun begitu, Samsung juga memperingatkan bahwa jika pengguna menggunakan kontrasepsi hormonal atau menjalani perawatan yang menghentikan ovulasi, teknologi ini mungkin menjadi tidak bisa digunakan.

Prediksi juga bergantung pada apakah pengguna memakai perangkat jam pintarnya secara konsisten. Pengguna mungkin harus tidur dengan Galaxy Watch 5 untuk mendapatkan pembacaan yang tepat. Samsung juga mengatakan fitur ini ditujukan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas.

Tak hanya itu, fitur pelacakan siklus juga akan mengevaluasi gejala pengguna saat melacaknya di catatan harian dan merekomendasikan penyesuaian gaya hidup saat mendekati waktu menstruasi dalam sebulan. Misalnya, Samsung Health mungkin menyarankan kamu untuk beristirahat sehari setelah berolahraga berat atau menayangkan video tentang peregangan untuk membantu meredakan nyeri panggul. (dsh)

Baca Juga:

Ramai-ramai Pamerkan Layar Gaming OLED 240 HZ di CES 2023

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan