Sampo Batangan, Gaya Hidup Baru untuk Lestarikan Lingkungan Sampo batangan, cara baru untuk menjaga kelestarian lingkungan (foto: usmagazine.com)

BELAKANGAN ini, gerakan peduli lingkungan semakin marak digencarkan. Gaya hidup dengan tujuan melestarikan lingkungan ini dilakukan untuk mengurangi sampah. Mulai dari sedotan stainless steel, membawa tas belanja sendiri, dan masih banyak lagi.

Nah ternyata gerakan peduli lingkungan ini juga dilakukan oleh produk kecantikan, salah satunya adalah brand Lush. Sejak tahun lalu, Lush sudah membuat sampo batangan tanpa kemasan yang benar-benar ramah lingkungan. Kalau kamu belum tahu, ini dia beberapa hal mengenai sampo batangan Lush.

1. Apa itu sampo batangan?

Sampo Batangan, Gaya Hidup Baru untuk Lestarikan Lingkungan
Sampo batangan digunakan seperti sabun batang pada umumnya (foto: lush.ca)


Kalau sabun batangan mah sudah biasa, tapi bagaimana dengan sampo batangan? Biasanya kamu menggunakan sampo cair kan untuk mencuci rambutmu? Namun apakah kamu tahu kalau ternyata botol sampo ini salah satu limbah terbesar yang mengotori lingkungan.

Makanya sejak Juni 2018, perusahaan Lush sudah memproduksi sampo batangan. Uniknya, sampo ini dijual tanpa kemasan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemasan yang nantinya malah akan semakin memperbanyak sampah.

Kabarnya saat pertama kali dirilis, sampo batangan Lush ini habis terjual 12.000 buah hanya dalam dua hari.
Cara penggunaanya juga mudah kok. Setelah membasahi rambut, basahi sampo batangan sampai berbusa, pijatkan pada rambut, lalu bilas hingga bersih.

2. Kelebihan sampo batangan?

Sampo Batangan, Gaya Hidup Baru untuk Lestarikan Lingkungan
Banyak sekali kelebihan dari sampo batangan (foto: theopinionatedoptimist.weebly.com )


Selain untuk membantu menjaga lingkungan, sampo batangan punya banyak sekali manfaat. Mulai dari bentuknya yang kecil dan praktis, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya lebih alami sehingga tidak mengandung bahan yang merusak rambut.

Selain itu satu buah sampo batangan setara dengan tiga botol sampo berukuran 250 ml lo. Jadi semakin hemat juga deh. Apalagi sampo batangan ini juga bisa digunakan untuk keramas sebanyak 80-100 kali!

3. Kekurangan sampo batangan?

Sampo Batangan, Gaya Hidup Baru untuk Lestarikan Lingkungan
Kadang sisa lilin dari sampo masih menempel jika tidak dibersihkan dengan baik (foto: preview.ph)


Sayangnya sampo batangan ini juga punya kelemahannya sendiri. Sampo batangan ini berkonsentrasi tinggi sehingga memiliki bahan yang terasa seperti lilin. Jadi itu mungkin bisa menumpuk pada rambut apabila kamu tidak membersihkannya dengan baik.

Namun ada solusinya kok. Supaya bisa menghindari penumpukan pada rambut, kamu bisa membilas rambut dengan cuka apel sehingga membersihkan sisa-sisa sabun dan akan membuat rambutmu jadi lebih berkilau.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba sampo batangan ini? Tapi sayangnya, Lush masih belum dijual di Indonesia. Jadi kalau kamu ingin membelinya, kamu bisa memanfaatkan jasa penitipan barang (jastip) atau berbelanja online. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH