Sampai Kapan Transportasi Online Diperlukan? Ilustrasi (nordic.businessinsider)

TRANSPORTASI online akhir-akhir ini menjadi semakin berkembang seiring dengan canggihnya teknologi masa kini. Kecanggihan teknologi masa kini membuat keberagaman sarana teknologi yang ada di dunia transportasi. Mulai dari transportasi roda dua hingga roda empat pun menggunakan sistem online.

Namun tahukah pengertian dari transportasi online? Menurut beberapa ahli bisa diartikan sebagai transportasi umum yang menyediakan jasa pengangkutan untuk memindah seseorang atau benda dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sedikit berbeda dengan angkutan yang lainnya, sistem online yang dibawa ini memanfaatkan aplikasi online dalam hal pemesanannya. Sehingga menjadi mudah pemesanannya karena hampir setiap orang saat ini memakai gadget yang canggih.

Semua Orang Memilih Karena Kelebihannya

aplikasi transportasi online
Ilustrasi (Uber)

Dengan hadirnya variasi sarana transportasi saat ini, hal tersebut membuat para pengguna transportasi umum menjadi mudah untuk memilih transportasi mana yang akan dia pilih. Salah satu trasnportasi yang sedang ngtren saat ini adalah ojek online.

Sistem yang diusung dari ojek online ini memang terbilang menarik minat banyak pengguna transportasi. Semakin lama membuat ojol (ojek online) ini mempunyai cabang di beberapa tempat di Indonesia. Namun, tidak ada hal di dunia ini yang sempurna sehingga pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan transportasi online:

1) Tarif Murah Dan Transparan

Dalam penerapan tarif kendaraan, sistem online ini terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan angkutan tradisional. Dimana sistem pembayaran ini menggunakan subsidi silang. Jadi inilah mengapa kendaraan online lebih murah bila dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

Sistem subsidi silang ini yaitu ketika dalam kondisi jam sibuk, maka tarif yang akan diterapkan akan menjadi lebih mahal. Namun apabila dalam jam sepi, maka tarif yang akan diterapkan terbilang lebih murah.

Disamping karena menggunakan subsidi silang, tarif angkutan online ini menjadi murah karena adanya persaingan antar pemilik trasnportasi online lain. Dengan adanya persaingan seperti ini, tarif untuk pelanggan pun akan menjadi lebih murah.

Terlebih lagi akan adanya promo atau diskon bagi para pelanggan. Selain dalam murahnya tarif angkutannya, ojek online ini terbilang transparan dalam hal tarifnya. Karena ketika dalam pemesanan, pelanggan akan melihat tarif yang akan ditawarkan. Jarak tempuh pengantaran akan mempengaruhi biaya tarif yang akan dibayar.

2) Praktis

Beberapa pelanggan dari mengatakan kalau pemesanan angkutan ini lebih praktis. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, pemesanan angkutan hanya perlu melalui gadget. Terlebih lagi gadget ini menunjukkan tarif yang perlu dikeluarkan untuk biaya pengantaran.

Dikatakan praktis juga karena adanya fitur pengantaran lain selain pengantaran orang. Jasa yang ditawarkan selain mengantar orang adalah jasa pengantaran barang dan makanan. Untuk mengirim barang tertentu saat ini bisa melalui taxi online. Sistemnya pun tidak berbeda jauh dengan pengantaran orang.

Dan yang lebih praktis lagi adalah ketika Anda merasa lapar di rumah dan tidak adanya makanan atau bahan makanan untuk di santap. Atau mungkin disaat Anda sedang malas keluar atau tidak bisa keluar rumah karena hujan, maka Anda bisa memesan makanan melalui ojek online ini. Sangat praktis bukan?

3) Bisa Membayar Non-Tunai

Tidak perlu membawa uang yang banyak ketika Anda hendak menggunakan transportasi ini. Karena Anda bisa menggunakan cara pembayaran e-cash. Dengan pembayaran non-tunai ini tentu membuat kelebihan lain daripada yang lain dari angkutan yang lain. Selain itu, dengan pembayaran sistem non tunai ini bisa mendapatkan beberapa keuntungan lain seperti diskon khusus dan harga promo.

4) Aman Dan Lebih Terpercaya

Kalau permasalahan aman atau tidak, transportasi online ini cukup dibilang aman. Karena untuk menjadi pelanggan pun Anda harus registrasi dahulu. Disamping driver yang sudah terdaftar di data, rute yang di lalui pun bisa Anda cek terlebih dahulu. Kalaupun driver ini bermasalah, Anda bisa melacak driver tersebut melalui data yang ada di perusahaan yang bersangkutan.

5) Bisa Memilih Pengendara

Ketika memilih pengendara, bisa dikatakan hal ini sebagai kelebihan maupun kekurangan. Ada sebuah fitur yang memberikan penawaran self-order sehingga bisa memilih siapa driver yang akan membawanya.

6) Sering Ada Diskon Bagi Pelanggan

Dalam persaingan dunia transportasi online seperti ini, tentu ada pula cara menarik untuk membuat pelanggan selalu memilih trasnportasi online tersebut. Untuk beberapa perusahaan angkutan online sering memberikan semacam promo atau diskon bagi pelanggan yang sering memesan angkutan online bersangkutan.
Jadi, itulah beberapa hal yang membuat banyak orang tertarik menggunakan jasa transportasi daring ini. Mungkin Anda punya alasan lain?

Permasalahan Dalam Transportasi Online

uber
Ilustrasi (uber)

Dengan berkembang pesatnya bisnis kendaraan dengan sistem online seperti ojek online ini, tidak selamanya menunjukkan sisi positifnya saja. Ada beberapa sisi negative dari bisnis yang sedang tenar akhir-akhir ini. Di beberapa daerah, inovasi baru ini mengalami semacam pertentangan dari sebagian pihak. Mereka menuntut keadilan dari pemerintah terkait hal ini. Berikut adalah beberapa dilema yang dialami oleh transportasi online:

1) Permasalahan pertama yang muncul adalah jumlah pelaku yang membludak. Karena peluang mendapatkan uang yang terlihat cukup mudah ketika menjadi pengendara ojol, maka banyak pula yang ingin bekerja di bidang ini.

2) Permasalahan yang kedua adalah pengaturan pemerintah yang belum terlalu jelas. Dimana persyaratan dari angkutan umum belum sepenuhnya dipenuhi.

3) Permasalahan yang terakhir adalah kerjasama dari perusahaan dengan pengendara tidak pasti. Karena hubungan kerja mereka ini hanya dikatakan sebagai mitra.

Selalu ada sisi positif dan negatif dari suatu hal, seperti angkutan online ini. Beberapa hal diatas merupakan penjelasan dari postif dan negatifnya sebuah sistem transportasi online di Indonesia.

Transportasi online kini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengantarkan orang atau barang saja. Sekarang ini, hampir semua aplikasi yang menyediakan jasa transportasi secara online ini memberikan layanan lain, yaitu layanan makanan atau catering.

Tentu saja bukan pemilik aplikasi yang menyediakan hal tersebut melainkan adanya kerjasama dengan pihak lain seperti warung dan usaha catering. Bahkan, sekarang ini sudah banyak warung di pinggir jalan yang juga bekerjasama dengan penyedia aplikasi ini.

Lalu, sampai kapan sistem ini akan terus berjalan? Jika dilihat dari perkembangannya, sepertinya tidak ada tanda-tanda di mana jenis layanan ini akan hilang. Justru semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Bukan hanya individu tapi juga pelaku usaha juga merasakan manfaatnya.

Akan tetapi, tentu saja suatu saat nanti ada tantangan baru. Layaknya bisnis lainnya, pasti ada kompetitor yang muncul lagi. Bukan tidak mungkin juga ada inovasi baru yang akan menjawab kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang mengingat kebutuhan masyarakat selalu berubah.

Yang pasti, untuk saat ini, sepertinya tidak ada yang mengatakan bahwa mereka tidak mendapatkan manfaat dari jenis layanan ini. Hampir semua orang mengatakan mereka sangat terbantu dengan adanya transportas online ini. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH