Sambut Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Kebut Perbaikan Fasilitas Stadion Manahan

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 24 Oktober 2019
 Sambut Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Kebut Perbaikan Fasilitas Stadion Manahan
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (MP/Win)

MerahPutih.Com - Pemerintahan Kota Solo, Jawa Tengah mengapresiasi langkah PSSI yang berhasil meyakinkan FIFA sehingga Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021.

Stadion Manahan menjadi satu dari 10 stadion di Indonesia yang diajukan PSSI ke FIFA sebagai venue. Ke-10 stadion yang dimaksud adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga:

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Indonesia Siapkan 10 Stadion

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyambut baik Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-21. Ia akan berusaha semaksimal mungkin membenahi kekurangan supaya Stadion Manahan bisa menjadi venue Piala Dunia U-20.

Stadion Manahan Solo jadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021
Stadion Manahan Solo jadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 (MP/Ismail)

"Prestasi ini yang pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah sekelas Piala Dunia mengalahkan negara seperti Brazil dan Peru.Kita tunjukkan kepada dunia bahwa pemain, official dan suporter kita bisa berlaku sopan," ujar Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo di Loji Gandrung, Solo, Jawa, Tengah, Kamis (24/10).

Rudy menjelaskan dari segi standar internasional stadion, Stadion Manahan sangat layak untuk menggelar event Piala Dunia. Selain itu, Pemkot Solo juga menyiapkan enam lapangan pendukung untuk latihan. Keenam lapangan tersebut diantaranya, Lapangan Kottabarat, Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapanhan Sriwaru, Lapangan Karangasem, dan Stadion UNS.

"Perbaikan rumput keenam lapangan akan kita lakukan mulai tahun depan. Kita juga lengkapi fasilitas lapangan latihan lainnya sesuai persyaratan FIFA," jelas Rudy.

Pemkot Solo akan kebut pembangunan fasilitas penunjang di Stadion Manahan
Pemkot Solo akan kebut pembangunan fasilitas penunjang Stadion Manahan (MP/Ismail)

Terkait anggaran perbaikan lapangan latihan, kata dia, suudah mengirimkan surat ke PSSI dan KONI. Namun, sejauh ini belum ada respons dari PSSI dan KONI.

Baca Juga:

Banyak Nama Baru, PSSI Umumkan 25 Nama Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Kita belum tahu berapa dana yang dibutuhkan untuk menunjang perbaikan enam lapangan latihan itu. Dalam waktu dekat melakukan kajian DED (detail engineering design) dulu," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Wali Kota Solo Prediksi Angka Kemiskinan Akan Bertambah

#Wali Kota Solo #Stadion Manahan #FX Hadi Rudyatmo #Piala Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan