Sambut Piala Dunia U-20, Gibran Siapkan Sport Tourism untuk Tarik Wisatawan Asing Bakal cawali, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - FIFA dan PSSI telah menunjuk Kota Solo, Jawa Tengah sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 dengan venue utama Stadion Manahan Solo. Ditunjuknya Solo sebagai tuan rumah piala dunia bisa menjadikan berkah bagi Kota Solo untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin.

Bakal cawali Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan tidak semua daerah punya kesempatan seperti Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia. Solo yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah harus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin terutama untuk mengenjot sektor pariwisata.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 3-3 Arab Saudi U-19: Hasil Maksimal dari Kroasia

"Dengan mendapat kesempatan besar menjadi host Piala Dunia U-20, harus benar-benar memaksimalkan potensi Kota Solo," ujar Gibran, Rabu (16/9).

Ia pun mengaku telah memiliki konsep Sport Tourism untuk dijadikan daya tarik dari Kota Solo selama perhelatan event Piala Dunia U-20. Sport Tourism tetap memegang peran Solo sebagai kota budaya.

"Kita memperkenalkan dan tawarkan pariwisata serta budaya yang menjadi destinasi wisata di ciri khas Solo," tutur dia.

Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah menjadi venue Piala Dunia U-20 pada 2021. (MP/Ismail)
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah menjadi venue Piala Dunia U-20 pada 2021. (MP/Ismail)

Putra sulung Presiden Jokowi ini menegaskan destinasi wisata olahraga sangat penting, terlebih setelah Pemkot Solo punya stadion berstandar internasional. Dengan fasilitas yang ada sekarang, harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk sektor pariwisata.

"Sport Tourism masuk dari bagian visi misi saya bersama Pak Teguh Prakosa (cawawali). Saya siap jadi marketingnya untuk mempromosikan kebudayaan dan wisata khas yang selama ini jadi andalan Solo," papar dia

Baca Juga

Ahok: Sekda Saefullah Sosok Rajin dan Cepat dalam Bekerja

Ia menambahkan untuk merealisasikan Sport Tourism pihaknya akan koordinasi dengan Kementerian Olahraga (Kemenpora) dan PSSI. Dengan kerjasama baik antar pusat dan daerah akan menjadikan Indonesia semakin terkenal. (Ismail/Jawa Tengah).


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH