Sambut New Normal, Asosiasi Biro Travel DIY Siapkan Paket Baru Wisata Candi Prambanan kembali dibuka untuk wisatawan mulai Juni (MP/Teresa Ika)

Merahputih.com - Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengubah strategi bisnis untuk bersiap memasuki era normal baru atau 'new normal'. Sejumlah perombakan dilakukan guna menggaet wisatawan ke kota gudeg ini.

Ketua Asita DIY Udhi Sudiyanto menjelaskan pihaknya menyiapkan paket-paket wisata baru dan mengubah segmentasi pasar.

Baca Juga:

Pemprov DKI Punya Bilik Isolasi Mandiri Kasus ODP Corona, Ukurannya 2,5x2,5 Meter

"Kami membuat paket perjalanan pendek, paket keluarga, dan paket individu. Karena kami mempercayai perilaku konsumen akan mengarah ke hal tersebut," kata Udhi di Yogyakarta, Rabu (27/5).

Disamping itu segmentasi pasar juga akan berubah dengan membidik masyarakat yang paling dekat dengan Yogyakarta.

"Promosi kami akan tertuju pada 'market' yang dekat saja. Artinya kami menyasar pasar yang dekat dan bukan secara geografis jauh dari Yogyakarta," kata dia.

Candi Ratu Boko di Yogyakarta
Candi Ratu Boko di Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Namun pihaknya juga tetap melakukan promosi ke target market yang jauh dari Yogyakarta melalui soft campaign.

Pihaknya saat ini tengah menyiapkan Sop baru dibidang kesehatan yang akan menjadi panduan para pemandu wisata. Sop ini akan mengikuti SOP Pariwisata yang dikeluarkan Dinas Pariwisata DIY

"SOP akan detail dan jelas mulai dari sebelum menjemput tamu, bersama tamu, dan setelah selesai dengan tamu. Juga mencakup aspek perlindungan kesehatan para wisatawan dan pemandu," kata dia.

Baca Juga:

MUI Sebut Pemerintah Tebang Pilih Dalam Penegakan Hukum Selama Pandemi Corona

Terakhir anggota ASITA diminta untuk segera meningkatkan kualitas SDM terhadap teknologi sehingga bisa menghadapi tuntutan masa depan denga lebih baik.

Udhi mengatakan biro wisata anggota Asita DIY akan kembali membuka jasa perjalanan wisata setelah mendapatkan rekomendasi dari Dispar DIY dan Gugus Tugas penanganan COVID-19 DIY. (Teresa Ika)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH