Sambut Kemerdekaan, Warga Solo Hias Jalan Kampung dengan Warna Pelangi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 17 Agustus 2021
Sambut Kemerdekaan, Warga Solo Hias Jalan Kampung dengan Warna Pelangi
Warga Kampung Butuh, Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah menghias jalan kampung untuk menyambut HUT ke-76 RI, Senin (16/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Banyak cara yang dilakukan warga untuk menyambaut Hari Kemerdekaan atau HUT ke-76 RI. Salah satunya mempercantik jalan lingkungan tempat tinggal seperti yang dilakukan warga Kelurahan Gandekan, Solo, Jawa Tengah.

Aksi mengecat jalan lingkungan dengan berbagai cat warna-warni itu membuat gang-gang perkampungan padat itu jadi lebih nyaman untuk ditinggali. Alhasil, suasana Kampung Butuh, Kelurahan Gandekan tampak sangat berbeda dari sebelumnya. Anak-anak kampung setempat pun makin nyaman beraktivitas di lingkungan tersebut.

Baca Juga:

Pemkab Sleman Kirim Buah ke Nakes Dalam Rangka HUT RI

Ketua RT 03 /RW 03, Zuhroni mengatakan, warga kampung sangat antusias menyambut HUT ke 76 RI. Bahkan, pandemi tak menyurutkan warga untuk menghias kampung.

"Kami menghias jalan dengan cat warna-warni, digambari juga berbagai permainan tradisional seperti engklek dan congklak biar makin menarik," ujar Zuhroni, Senin (16/8).

Ia mengatakan, warga bahu membahu menghias lingkungan agar lebih nyaman dalam beberapa hari terakhir. Tidak hanya itu, lampu kerlap-kerlip pun dipasang agar suasana malam hari jauh lebih menarik dari biasanya.

"Momen sekali dalam setahun dalam peringatan HUT RI ini diharapkan meningkatkan semangat warga dalam melawan pandemi COVID-19," paparnya.

Sekretaris RW 03, Anton Setiadi menambahkan, aksi menghias lingkungan itu dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. Sementara untuk pembuatan gapura di setiap gang masuk permukiman menggunakan dana bantuan dari kelurahan.

Jalan Kampung di Solo. (Foto: MP/Ismail)
Jalan Kampung di Solo. (Foto: MP/Ismail)

"Kegiatan ini menggunakan dana kas lingkungan dan dana bantuan dari kelurahan memperingati peringatan HUT ke-76 RI," terang dia.

Lurah Gandekan, Arik Rahmadani mengapresiasi adanya aktivitas warga yang menghias lingkungan masing-masing. Selain warga RW 03, kegiatan serupa juga dilakukan di sejumlah RW lainnya seperti di RW 08 dan RW 09.

"Kami menghimbau pada masyarakat memeriahkan peringatan HUT RI, warga menangkapnya dengan aksi menghias kampung. Dengan demikian kesehatan warga akan semakin baik dan semoga COVID-19 cepat usai," ungkapnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ratusan Warga Rutan Kelas 1 Surakarta Dapat Remisi HUT RI, 4 Orang Langsung Bebas

#HUT RI #Hari Kemerdekaan #17 Agustus
Bagikan
Bagikan