Sambut Kemerdekaan, INTI Gelar Rangkaian Seminar Online Nasional Kebangsaan Perhimpunan INTI dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kepala BNPB Letjen Doni Monardo dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi. (Foto: INTI).

MerahPutih.com - Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke-75 pada 17 Agustus tahun ini. Sebagai bagian dari elemen bangsa, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) mengadakan perayaan dengan seminar online yang akan membahas berbagai isu seperti sosialisasi dari Gugus Tugas COVID-19, hingga pembahasan sejarah peran warga Tionghoa dalam perjuangan kemerdekaan.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan INTI Budi Tanuwibowo berharap, melalui kegiatan menjelang 75 tahun Kemerdekaan Indonesia, dapat mengukuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dengan mengetahui peran semua elemen rakyat, termasuk etnis Tionghoa, dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

“Saat ini kita semua sedang berjuang melawan COVID-19, dan hal ini bukan hanya tugas pemerintah untuk menyelesaikannya, sehingga diharapkan kita semua dapat turut berpartisipasi juga memberikan solusi sehingga masalah pandemi ini dapat segera usai dan kegiatan bermasyarakat dapat segera pulih,” kata Budi yang juga adalah Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

Baca Juga:

Keuangan Sosial Syariah dan Filantropi untuk Pulihkan Indonesia dari COVID-19

Ketua Panitia Acara Jandi Mukianto menjelaskan, acara ini diisi oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo, Wakil Menteri Badan Pertanahan Nasional Surya Candra, Pendiri Harian Disway Dahlan Iskan, Ketua Dewan Pers 2016-2019 Yosep Adi Prasetyo, Editor The Jakarta Post Evi Mariani, Peneliti Biomolekuler Fainmarinat Inabuy, Pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa Azmi Abubakar.

"Acara akan diadakan berseri setiap hari melalui fasilitas layanan online, sehingga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi protokol kesehatan tetap dijalankan, tapi masyarakat tetap dapat produktif dan beraktivitas seperti biasa," kata Jandi Mukianto, yang berprofesi sebagai konsultan hukum kepailitan dan properti.

Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan INTI Candra Jap, menyampaikan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) sudah 21 tahun berkiprah. Saat pandemi COVID-19 ini, banyak melakukan aksi sosial bekerja sama dengan berbagai pihak.

Organisasi Masyarakat yang mengusung semangat sesuai dengan UUD RI 1945, bebas, egaliter, pluralis, inklusif, demokratis, tidak bernaung atau mengikatkan diri kepada salah satu partai politik ini dan dideklarasikan oleh 17 orang tokoh Tionghoa di Indonesia pada tanggal 10 April 1999 ini, juga menggelar Program Beasiswa INTI bernama Beasiswa Pelangi yang diberikan untuk siswa-siswi SMA/SMK/Madrasah Aliyah yang berprestasi tapi kurang mampu secara ekonomi.

"Sejak didirikan pada 2 Mei 2008 Beasiswa Pelangi telah membantu sekitar 1300 anak Indonesia terlepas dari ancaman putus sekolah, termasuk juga mengirimkan pelajar untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dalam dan luar negeri,” ujarnya Candra yang juga Ketua Beasiswa Pelangi.

Baca Juga:

Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta Diberi Bantuan Dorong Pemulihan Ekonomi


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH