Sambut Imlek, Mahfud MD Ucapkan Gong Xi Fat Cai Pakai Baju Cheongsam Mahfud MD di Singkawang. (Twitter @mohmahfudmd)

MerahPutih.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi perhatian netizen setelah mengunggah foto dirinya berpakaian baju tradisional Tionghoa cheongsam. Foto itu dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek bagi masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia.

Mahfud MD berfoto di depan sebuah kelenteng. Dia menggunakan cheongsam warna merah bermotif dengan bagian ujung lengan putih. Tangan Mahfud bergaya salam Tionghoa.

Dalam tulisan yang terlihat di belakang Mahfud, foto ini diambil di Singkawang, Kalimantan Barat.

"Sama dgn mengucapkanDrlamat Tahun Baru 2018, Insyaallah tidak ada larangan dalam Islam utk sekadar mengucapkan Gong Xi Fat Cai, selamat tahun baru 2569. Mari bangun kedamaian," kata Mahfud MD dalam caption foto yang diunggahnya di Twitter.

Unggahan Mahfud sontak membuat netizen ramai-ramai berkomentar. "Prof saya pandang panjenegan (Anda) itu kayak Gus Dur," kata salah satu netizen Chamim Musthofa mengomentari Guru Besar FH UII Yogyakarta ini.

Ada juga yang membalas ucapan Mahfud MD. "Gong Xi Fat Chai, Prof."

"Bagus pak bajunya," kata akun @henry_coyote.

"Trims prof..sebagai keturunan Tionghoa, saya merasa terhormat memdapat ucapan Gong Xi Fa Chai dr anda..." kata akun @wgthinglg.

Namun, tak sedikit juga yang mengkritisi ucapan selamat Mahfud MD. Sebagian berpendapat bahwa ucapan selamat seorang muslim terhadap perayaan kepercayaan lain tidak diperbolehkan. Pendapat itu mengacu pada soal kepercayaan menjadi urusan masing-masing penganutnya.

"Anda tak usah ngucapkan saja kalau Anda anggap itu dosa. Saya akan tetap mengucapkan: selamat tahun baru 2018, selamat tahun baru Imlek 2569, Gong Xi Fat Cai," jawab Mahfud MD. (*)

Baca juga berita lainnya terkait Imlek dalam artikel: Wajah Oriental Bikin Vicky Shu Kebanjiran Job Imlek

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH