Sambut HUT ke-73 Republik Indonesia, Program Beasiswa Pelangi INTI Kunjungi Museum PETA Dan Ziarah Ke TMP Dreded Bogor

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 15 Agustus 2018
Sambut HUT ke-73 Republik Indonesia, Program Beasiswa Pelangi INTI Kunjungi Museum PETA Dan Ziarah Ke TMP Dreded Bogor
Ketua INTI Bogor Hariyanto Oetama (jaket putih) mewakili Beasiswa Pelangi INTI memberikan plakat penghargaan kepada Kepala Museum PETA Kapten Inf. Hendra Firdaus (Humas INTI)

Merahputih.com - Dalam rangka menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia, Program Beasiswa Pelangi Perhimpunan INTI mengajak ratusan siswa-siswi asuhnya mengunjungi Museum Pembela Tanah Air (PETA) Bogor dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor, Jawa Barat.

Acara yang berlangsung Sabtu (4/8) pagi merupakan Gathering ke-25 Program Beasiswa Pelangi INTI yang merupakan agenda rutin setiap 4 bulan sekali. Siswa-siswi penerima Beasiswa Pelangi yang hadir diwajibkan menggunakan baju berwarna merah, lengkap dengan stiker bendera merah putih yang ditempel di pipi serta memakai rompi Pelangi sebagai dresscode acara.

Tim barongsai Golden Lion Club (GLC) yang pemainnya dari siswa-siswi Beasiswa Pelangi (Humas INTI)

Acara dibuka dengan penampilan dari tim Barongsai Golden Lion Club (GLC) yang merupakan grup barongsai binaan Beasiswa Pelangi. Pemain barongsai beserta pemain musik pengiringnya berasal dari alumni dan siswa-siswi penerima Beasiswa Pelangi.

Setelah pembukaan acara oleh Kepala Museum Kapten Inf. Hendra Firdaus, siswa-siswi Pelangi diajak berkeliling dengan didampingi pemandu dari museum. Hal menarik dari museum ini adalah adanya patung Shodanco Supriyadi dan Jenderal Sudirman di bagian depan yang disandingkan dengan mobil tank. Kemudian ada patung Daidancho Sudirman sebagai monumen utama yang terletak di bagian dalam.

Siswa-siswi Pelangi berfoto bersama di bawah Monumen Daidancho Sudirman (Humas INTI)

Selesai berkeliling museum, siswa-siswi Pelangi diajak melakukan permainan untuk menumbuhkan rasa percaya dan keakraban. Semua peserta ditutup matanya menggunakan dasi pramuka dan masing-masing memegang sebuah biskuit. Lalu diminta menyuapi peserta lain dengan mata tertutup, tanpa ada pengarahan dari siapapun. Dalam batas waktu tertentu, si penyuap harus mampu memasukkan biskuit ke mulut temannya yang juga ditutup matanya.

Siswa-siswi Pelangi membersihkan makam para pahlawan (Humas INTI)

Selesai dari Museum PETA, acara dilanjutkan dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Dreded, Bogor. Setibanya di sana, siswa-siswi Pelangi diajak membersihkan makam, menabur bunga dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Siswa-siswi Pelangi serius mendengarkan dan mencatat penjelasan dari pemandu (Humas INTI)

Sekretaris Program Beasiswa Pelangi INTI, Candra Jap pada kesempatan itu menyampaikan selain memberikan beasiswa pendidikan, Pelangi juga melakukan pembinaan kepada siswa-siswi asuhnya mengenai pendalaman wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

"Pada 17 Agustus nanti juga, Beasiswa Pelangi INTI akan mengadakan upacara bendera di Museum Perjuangan Bogor memperingati 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Candra. (*)

#INTI #HUT RI
Bagikan
Bagikan