Sambut HUT-74 RI, KAI Daop 6 bagi-Bagi Tiket Gratis dan Doorprize Yogyakarta (Sumber: MP/Teresa Ika)

Kabar gembira bagi kamu pecinta traveling. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja-Solo bagi-bagi tiket gratis dan doorprize. Banjir hadiah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia.

Pembagian tiket gratis dilakukan pada Sabtu, 17 Agustus 2019 dan hanya berlaku untuk KA lokal yakni KA Prambanan Ekspres (Prameks), KA Batara Kresna dan KA Kalijaga.

"PT KAI memberlakukan tiket dengan tarif Rp 0 alias gratis untuk ka lokal dan perintis pas 17 an," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu (13/12).

Ilustrasi kereta api (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Ilustrasi kereta api (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Ia menjelaskan KA Prameks memiliki tiga relasi yaitu Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta- Solo Balapan dan Kutoarjo -Solo Balapan. Sementara rute KA Batara Kresna adalah Solo-Wonogiri pulang pergi. Sedangkan KA Kalijaga melayani relasi Solo-Semarang.

Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp.0. Tiket dibeli saat hari H diloket semua stasiun di wilayah DAOP 6.

"Pembelian mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Kuotanya disesuaikan dengan daya tampung kereta," kata dia.

Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA.

Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding pass atau e-boarding pass ke petugas di stasiun.

Ilustrasi kereta yang membawa penumpang. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Ilustrasi kereta yang membawa penumpang. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Enggak cuma tiket gratis, penumpang juga berkesempatan mendapatkan hadiah doorsprize menarik.

Senior Manager Angkutan Penumpang Daop VI, Gotro Nur Riadi mengatakan penarikan doorsprise berlaku bagi penumpang yang turun di stasiun Tugu dan Lempuyangan.

"Doorprize berlaku pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Jadi penumpang yang turun di dua KA itu. tinggal nunjukin tiket ke petugas Lalu kocok doorprize di wheel Fortune dan ambil hadiahnya," jelas Gotro.

Penarikan hadiah doorsprize hanya untuk penumpang KA tertentu yakni KA Jaka Tingkir, KA Mataram, KA Bogowonto dan KA Malioboro Express pagi. Hadiah doorprize beragam mulai dari powerbank hingga tiket KA gratis.

Ayo, segera pesan tiket kereta ke Yogyakarta dan Solo.

Aritkel ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH