Film

Sambut Hari Film Nasional, Garin Nugroho Persembahkan Film 'Melodrama'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 30 Maret 2023
Sambut Hari Film Nasional, Garin Nugroho Persembahkan Film 'Melodrama'
Menampilkan Nicholas Saputra sebagai bintang utama. (Foto: Fabis Pictures)

BERTEPATAN dengan Hari Film Nasional pada 30 Maret 2023, Fabis Pictures menggandeng sutradara Garin Nugroho dalam film musikal Melodrama. Film ini sekaligus menjadi surat cinta untuk perfilman Indonesia dengan bintang utama Nicholas Saputra.

Melodrama akan tayang di bioskop Indonesia tahun ini. Film ini mengangkat kisah cinta penuh melodrama dengan latar sejarah film Indonesia dan diiringi musik-musik legendaris lintas zaman.

“Ini adalah film musikal pertama saya. Yang membuatnya jadi menarik adalah saya membawa tema dengan latar belakang sejarah sinema Indonesia, menceritakan sejarah para seniman melalui koreografi dan lagu/musik," ungkap Garin, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com.

Selain Nicholas Saputra, Melodrama diramaikan oleh sejumlah aktor dan aktris kawakan Tanah Air seperti Widi Mulia, Monita Tahalea, Dira Sugandi, Morgan Oey, Amanda Rawles, Cindy Nirmala, dan sederet nama lainnya.

Baca juga:

Di Hari Film Nasional, Reza Rahadian Apresiasi Orang-orang di Balik Layar

Sambut Hari Film Nasional, Garin Nugroho Persembahkan Film 'Melodrama'
Melodrama menjadi sebuah surat cinta untuk perfilman Indonesia. (Foto: Fabis Pictures)


“Untuk mendukung visi dari mas Garin, kami memilih lagu-lagu yang menggambarkan budaya populer Indonesia, sekaligus juga mencerminkan kualitas karya anak bangsa dari masa ke masa. Lagu-lagu yang ada dipastikan adalah lagu-lagu yang tak lekang oleh waktu dan masih familiar untuk generasi sekarang," tambah Ricky Lionardi, produser musik Melodrama.

Melodrama berkisah tentang sosok bernama Layar, bintang film populer yang merasa bosan dengan kariernya dan ingin membuat teater musikal berlatar sejarah keluarga.

Layar berproses membuat karya, menjadikannya berimajinasi dalam sosok karakter beragam, dari buyut, kakek, hingga ayah.

Seluruh kisah ini dituturkan lewat narasi berbasis buku harian, surat cinta, foto-foto, dokumenter, artefak, dan lagu-lagu yang membawa Layar ke berbagai era sejarah film Indonesia dalam atmosfer musikal.

Baca juga:

Hari Film Nasional, Sineas Indonesia Beri Ucapan Selamat via Media Sosial

Sambut Hari Film Nasional, Garin Nugroho Persembahkan Film 'Melodrama'
Menampilkan sederet bintang ternama Tanah Air. (Foto: Fabis Pictures)


Dalam film Melodrama, Garin mengumpulkan berbagai talenta Tanah Air di depan maupun belakang layar.

Untuk koreografi, bergabung nama Eko Supriyanto, penari dan koreografer yang telah dikenal dunia. Kolaborasi Garin dan Eko akan menghasilkan sebuah pertunjukan yang fantastis.

Produser Eksekutif dan Music Director Faizal Lubis mengatakan bahwa ia sudah cukup lama berdiskusi dengan Garin tentang Melodrama. Faizal juga sempat berperan dalam produksi musik band Noah dan sebelumnya bekerja sama dengan Garin sebagai Music Director.

Kemudian, Faizal juga tengah berkolaborasi bersama Ari Lasso menggarap original sound track (OST.) Melodrama. Sebagai komposer, Faizal telah menciptakan beberapa buah lagu yang telah dipublikasikan. (and)

Baca juga:

Fitur What to Watch dari Google untuk Rayakan Hari Film Nasional

#Hari Film Nasional #Hari Film Nasional 2023
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan