Headline

Sambut Gerhana Bulan Total, Gubernur Anies Keluarkan Surat Edaran

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 23 Januari 2018
Sambut Gerhana Bulan Total, Gubernur Anies Keluarkan Surat Edaran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Fenomena alam gerhana bulan total atau supermoon yang bakal terjadi pada tanggal 31 Januari nanti mendapat perhatian khusus dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menyambut peristiwa alam langka supermoon, Gubernur Anies mengeluarkan surat edaran ke sejumlah dinas terkait.

Terkait fenomena di langit itu dalam surat yang ditandatangani Anies tertulis hal-hal yang harus dilakukan.

Pertama Kepala Dinas Pendidikan diharapkan menyebarkan edaran ke sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.

Kedua, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya harap menyiapkan fasilitas dan dukungan di tempat - tempat wisata di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi yang dapat dijadikan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta.

Ketiga, Kepala Biro Pendidikan Mental harap menyebarkan edaran kepada Mesjid - Mesjid berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan total disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan salat secara syar'i.

Sebagaimana dilansir Antara, Selasa (23/1) gerhana bulan total terjadi bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT terjadi pada pukul 19.51 WIB dengan puncaknya 20.29 WIB dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

Sebagaimana diketahui fenomena alam supermoon menurut keterangan BMKG, gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 ini merupakan anggota ke-49 dari 73 anggota pada seri Saros 12. Dan peristiwa hanya bisa terjadi lagi ratusan tahun kemudian, jadi jangan lewatkan supermoon.(*)

#Gubernur DKI Jakarta #Anies Baswedan #Supermoon #Fenomena Alam
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan