Sambut Gebyar Wisata Budaya Nusantara 2017, Dispar Banten Siapkan Strategi Promosi Pemandangan dari atas Krakatau yang banyak dikunjungi wisatawan asing melalui pesisir barat Banten (Foto: Sucitra)

Gebyar Wisata Budaya Nusantara 2017, akan digelar pada 11 hingga 14 Mei mendatang di JCC Jakarta. Ajang yang akan melibatkan instansi pariwisata se-nusantara tersebut, menargetkan 30 ribu pengunjung.

Melihat potensi besar itu, Dinas Pariwisata Banten memanfaatkan momentum dengan berbagai persiapan dan strategi. Tujuannya untuk menawarkan destinasi wisata provinsi di ujung barat pulau Jawa. Kepala Dinas Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, pihaknya akan mematangkan konsep dengan daya tarik, memperkenalkan keunggulan-keunggulan destinasi pariwisata yang ada di Banten.

"Kita ingin memaksimalkan performance produk pariwisata di GWBN tahu ini, dengan melibatkan pelaku industri seperti hotel bisa bekerjasama dalam menarik wisatawan," katanya saat menghadiri acara Rapat Persiapan Gebyar Wisata Banten 2017 di Auditorium Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Rabu (12/4).

Menurutnya, kreativitas yang ditampilkan pada event GWBN melibatkan produk pariwisata Banten, akan mengangkat identitas wisata dari setiap kabupaten/kota yang ada di Banten. Selain itu, jadwal kegiatan atau event pariwisata Banten dinilai wajib diinformasikan kepada pengunjung. "Kita juga akan memperkenalkan Branding Event Exciting Banten dengan 7 wonders-nya yang bisa menarik perhatian para wisatawan," katanya.

Sementara itu, Kasie Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten Dewi Utari mengungkapkan, GWBN merupakan event besar dalam ajang promosi daerah dimana setiap provinsi akan bersaing dalam kreativitas yang akan ditampilkan baik berupa live performance, maupun booth yang dikemas menarik. "Kita tidak hanya mempersiapkan produk wisata yang menarik melainkan strategi marketing promosi juga disiapkan sebagai salah satu upaya menarik pengunjung," jelasnya.

Dewi berharap, momentum yang akan mengangkat potensi daerah Banten dibidang pariwisata tersebut tidak hanya dikemas secara seremonial saja melainkan akan fokus pada penampilan diatas panggung dan properti booth yang menarik.

"Banten akan melakukan 4 event dalam GWBN, menawarkan paket wisata menaruk dengan dibarengi door-prize atau merchandise yang akan dibagikan. Teman-teman pelaku industri pariwisata bisa memanfaatkan moment itu secara aktif," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Promosi Dispar Banten Gunawan Rusminto menghimbau agar GWBN tahun ini harus benar-benar dipersiapkan dengan maksimal dari sisi persiapannya sehingga pariwisata Banten bisa dikenal luas oleh masyarakat senusantara.

"Ada 30 ribu pengunjung adalah pasar potensial untuk kita jaring, jadi mari kita maksimalkan kerja kita," katanya.



Dian Sucitra

LAINNYA DARI MERAH PUTIH