Sambut 600 Ribu Pemudik, Pengamanan Terminal Tirtonadi Diperketat

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 Maret 2023
Sambut 600 Ribu Pemudik, Pengamanan Terminal Tirtonadi Diperketat
Satuan K9 Polresta Surakarta dilibatkan dalam pengamanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Kamis (16/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi akan meningkatkan pengamanan area terminal dengan melibatkan Satuan K9 Polresta Surakarta.

Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman untuk menyambut 32 juta orang pemudik, termasuk 600 ribu diprediksi bakal masuk Terminal Tirtonadi.

Baca Juga

Kemenhub Buka Mudik Gratis Kapal Laut, Berikut Jumlah Kuota dan Syarat Pendaftarannya

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono mengatakan, pergerakan massa di Jawa Tengah merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Angkanya diprediksi sampai 32 juta orang saat Lebaran mendatang.

"Kami mulai menyiapkan berbagai hal guna menunjang kelancaran saat masa angkutan lebaran tahun ini," kata Bandiyono, Kamis (16/3).

Ia memperkirakan untuk Terminal Tirtonadi diperkirakan meningkat dari 10.000-100.000 orang saat pandemi lalu menjadi 600.000 orang pada lebaran 2023.

Baca Juga

BUMN Gelar Program Mudik Gratis 2023, Berikut Cara Daftar dan Jumlah Kuotanya

Agenda rutin yang dilakukan sampai saat ini adalah kegiatan ramp check yang akan makin intensif mendekati Lebaran nanti.

"Terminal juga akan dilengkapi Posko Angkutan Lebaran sepanjang Lebaran tahun ini yang akan dilengkapi dengan peningkatan pelayanan dan keamanan dengan melibatkan sejumlah pihak terkait lainnya," papar dia

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, lanjut dia, pihaknya menggandeng Satuan K9 Polresta Surakarta untuk melakukan pemeriksaan di area ekspedisi pengiriman barang. Ini dilakukan sebagai antisipasi barang-barang terlarang seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya.

"Kami libatkan tim dari Polresta untuk pengecekan barang terlarang dengan anjing pelacak,"kata dia.

Kesatuan K9 Polresta Surakarta, Bripka Andika Pulung mengatakan satu ekor anjing dari satuan K9 ini mampu mengendus sejumlah barang yang ada di area tersebut.

"Efektivitasnya tinggi, sekali kita dapatkan bahan yang dicurigai anjing akan duduk dan tidak akan bergerak," kata dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Pemprov DKI Buka Program Mudik Gratis dengan Target 19.280 Pemudik

#Arus Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan