Samboja, Surganya Tempat Wisata Alam Bebas Pantai Ambalat Samboja (Foto: Instagram/@tantri_yummytummykoe)

LIBURAN ke Bali dan Lombok sudah biasa. Kamu mesti cobain mampir ke kawasan Samboja, Kalimantan Timur. Kawasan yang bakal jadi calon ibu kota baru Indonesia ini menyimpan banyak tempat wisata yang jarang orang ketahui.

Tempat-tempat wisata di Samboja ini juga akan menenangkan pikiranmu sejenak dari hiruk pikuknya suasana perkotaan. Soalnya, semua tempat wisata ini berada di alam bebas.

Baca juga:

4 Kuliner Samboja yang Kelezatannya Bikin Lupa Daratan

1. Goa Biru Maratua (Goa Haji Mangku)

Warna airnya toska muda (Foto: Instagram/@derawantrip)

Lokasi Goa Biru memang agak jauh dari kawasan Samboja. Namun, tempat wisata yang berada di Pulau Maratua ini masih berada di provinsi Kalimantan Timur. Pemandangan di sana luas biasa, karena ada sebuah danau yang memiliki air berwarna toska muda.

Kamu harus melewati mulut gua dulu untuk menikmati kejernihan air di tempat ini. Pokoknya, pasti akan tergiur untuk nyebur ketika berada di Goa Biru Maratua. Soalnya suasana di dalam air tidak gelap, tapi terang.

2. Bukit Bangkirai

Ditumbuhi pohon bangkirai (Foto: Instagram/@bukitbangkirai)

Berada di kawasan Kutai Kertanegara, Bukit Bangkirai memiliki pemandangan yang luar biasa. Banyak pohon bangkirai tumbuh di wilayah ini. Tinggi pohonnya mencapai 40-50 meter, benar-benar membuat bukit bangkirai terasa sejuk.

Ada satu kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan di sini, yaitu melintasi canopy bridge. Ini merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan puncak pohon dengan puncak pohon yang lain.

Baca juga:

Batu Dinding Semboja, Tembok Besar di Rimba Bumi Mulawarman

3. Pantai Ambalat Samboja

Kontur pantai ini landai (Foto: Instagram/@tantri_yummytummykoe)

Setiap wilayah di Indonesia sepertinya memang selalu memiliki tempat wisata pantai. Di Samboja, ada pantai bernama Pantai Ambalat Samboja. Menariknya, pantai ini memiliki kontur yang landai.

Alhasil banyak wisatawan yang berkunjung ke Ppantai Ambalat Samboja untuk bermain bola dan sepedaan. Pemandangan semakin indah dengan hamparan pasir berwarna cokelat

4. Borneo Orang utan Survival

BOS telah melepaskan lebih dari 1000 orang utan ke alam bebas (Foto: Instagram/@orangutan.or.id)

Borneo Orangutan Survival (BOS) cukup menarik banyak wisatawan. Yayasan BOS bergerak di organisasi pelestarian orang utan. Sudah lebih dari 1000 orang utan diselamatkan oleh BOS sejak berdiri tahun 1991 silam.

Apa yang asyik di tempat ini? Kamu bisa ikut berpartisipasi dalam proses reintroduksi atau pelepasan orang utan ke habitat aslinya.

Bagaimana sahabat Merah Putih, tempat wisata apa yang menurutmu menarik di Samboja? (ikh)

Baca juga:

Hari Satwa Liar Sedunia, 7 Orang Utan Dilepasliarkan di Hutan Kalimantan

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH