Sambangi Bawaslu: Ketua KPU: Indentifikasi Surat Suara Tercoblos Masih Dalam Proses Ketua KPU Arief Budiman bertemu dengan anggota Bawaslu guna membahas surat suara tercoblos di Malaysia (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengkonfirmasi adanya dugaan penemuan surat suara yang telah tercoblos di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan hingga kini lembaga penyelenggara pemilu masih melakukan proses identifikasi terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu 2019 di negeri jiran, Malaysia itu.

"KPU langsung kontak PPLN untuk segera lakukan pengecekan dilapangan untuk memastikan apa yang terjadi disana. Sampai dengan malam ini masih ongoing proses," ujar Arief saat konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (11/4) malam.

Arief menegaskan, bahwa proses identifikasi harus detail karena dugaan pelanggaran ini harus segera terselesaikan.

Ketua KPU Arief Budiman
Ketua KPU Arief Budiman (MP/Asropih)

"Saya mau tahu tempat itu tempatnya siapa? Kemudian surat suara itu apa benar surat suara yang dari KPU? Jumlahnya berapa banyak? Kemudian Siapa yang pertama kali menemukan kejadian itu? Siapa yang membuat videonya? Kmudian Siapa yang melapor ke Panwas LN dan seterusnya," jelasnya.

Arief meminta beredarnya video terkait surat pencoblosan yang sudah tercoblos tak menjadi polemik lantaran masih dalam penyidikan apakah berita itu benar atau tidak.

BACA JUGA: Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia, TKN: Ini Upaya Delegitimasi Pemilu

Para Ulama Bogor dan Sukabumi Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Surat Suara Sudah Tercoblos, BPN: Tanda Kecurangan Kian Terlihat, Copot Dubes Malaysia

Arief menuturkan, dua Komisioner KPU yakni Hasyim Asyari dan Ilham Saputra terbang ke Malaysia guna membantu proses identifikasi ini selesai.

"Akan ada tim atau persnonel yang diberangktakan kesana," tungkasnya.

Sebelumnya, beredar di media sosial adanya penemuan sejumlah kantung plastik warna hitam yang berisi surat suara diduga di Kuala Lumpur, Malaysia. Terlihat surat suara sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan Caleg dari Partai Nasdem.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH