Sambal Sempurnakan Hidangan Sambal adalah kekhasan kuliner Indonesia. (Foto: Pixabay/Faixal)

MAKAN tanpa sambal bagi orang Indonesia seperti kehilangan kesempurnaannya. Tak mengherankan bila menu sambal dalamkuliner Indonesia sangatlah beragam.

Indonesia adalah negara yang memiliki keberanekaragaman dalam meracik bumbu sambal, penasaran


Baca Juga:

Enak Banget, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia


1. Sambal terasi

sambal
Sambal terasi biasa disajikan untuk memberi sensasi pedas yang nikmat. (Foto: Screen shoot YouTube@Monggo Diorder)


Sambal terasi terbuat dari ikan yang difermentasikan. Sambal ini terkenal karena rasanya yang nikmat jika dihidangkan dengan aneka masakan seperti sayur asem, lalapan atau ayam goreng.


2. Sambal kecap

sambal
Sambal bawang biasa dihidangkan untuk membuat sate terasa lebih nikmat. (Foto: Screenshoot YouTube@Resep Masakan Nusantara


Sambal kecap sangat sederhana cara membuatnya. Hanya dibutuhkan kecap, cabai rawit, bawang merah dan tomat. Semua bahan dicambur dan diaduk hingga merata. Sambal ini biasa dinikmati bersama masakan daging potong seperti BBQ atau sate. Selain itu sambal kecap cocok untuk makan ikan bakar dan ayam bakar.


3.Sambal matah

sambal
Sambal matah dengan cita rasa yang nikmat mampu menggoyangkan lidah. (Foto: Screenshoot YouTube@Willgoz Kitchen


Bali adalah tempat asal dari sambal matah ini. Sambal andalan Bali ini terbuat dari bawang merah, sereh, air jeruk nipis, minyak goreng, garam dan gula. Sangat nikmat jika dihidangkan bersama ayam goreng, ayam geprek atau ikan bakar.


4. Sambal Ijo

sambal
Sambal Ijo nikmat dihidangkan dengan masakan Padang. (Foto; Screenshot YouTube@Lukman Family)


Restoran Padang atau Minang menjadikan sambal ini sebagai andalannya. Rasanya tidak begitu pedas malah menjadi penyempurnaan dari hidangan yang ada. Sangat cocok bila dipadukan dengan masakan bersantan. Sambal ini terdiri dari cabe rawit hijau, jeruk nipis, garam, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau besar.


5. Sambal bawang

sambal
Sambal bawang biasa dihidangkan bersamaan dengan ayam geprek agar semakin nikmat. (Foto: Screenshot YouTube@Resep Masakan Nusantara)


Sambal bawang pasti mampu membuat lidah kamu bergoyang karena kenikmatannya dari perpaduan cabai merah dengan bawang merah dan bawang putih. Sambal yang satu ini akan nikmat jika disantap dengan ayam goreng, ikan bakar, daging cincang dan telur.


Baca Juga:

Sup Rempah Penjaga Daya Tahan Tubuh



Paksi Suryo Raharjo