Jelajah Bumi Mulawarman

Sambal Raja, Pelengkap Wajib dalam Sajian Nasi Bekepor

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 26 September 2018
Sambal Raja, Pelengkap Wajib dalam Sajian Nasi Bekepor
Sambal raja disajikan dengan nasi bekepor. (Foto: instagram@bekepor_ntaw)

SAMBAL merupakan makanan khas nusantara. Jenis saus ini dibuat dari beragam bumbu dan yang paling wajib dari semuanya yaitu penggunaan cabai sebagai perasa pedas.

Sambal khas nusantara sangat banyak jenisnya tergantung daerah dengan pemakaian ragam bumbu rempah dan cara pengolahannya. Di Kalimantan Timur, ada satu sambal khas yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana, yaitu sambal raja.

Sambal raja sebetulnya tak bisa dipisahkan dengan makanan lain yaitu nasi bekepor. Nasi bekepor dan sambal raja, seperti namanya, merupakan makanan khusus raja-raja Kutai. Kini, tak mesti menjadi bangsawan untuk mencoba warisan berharga ini.

Baca tentang nasi bekepor dalam artikel: Nasi Bekepor, Warisan Raja-Raja Kutai Kertanegara yang Masih Bertahan

Cabai untuk bahan sambal. (Foto: Pixabay/1608352)
Cabai untuk bahan sambal. (Foto: Pixabay/1608352)

Nasi bekepor selalu disajikan bersama sambal raja, di samping tambahan lauk pauk dan sayuran dalam satu hidangan. Nasi bekepor sudah menjadi populer dan dijual di warung-warung nasi khas lokal.

Nasi bekepor semacan nasi liwet atau uduk di daerah-daerah lain. Namun, pengolahan yang berbeda dan penggunaan bumbu rempah yang lebih kaya menjadikannya lebih spesial.

Sementara sambal raja, diolah dari bumbu-bumbu sederhana, yaitu cabai rawit dan merah keriting, terasi bakar, gula-garam, dan jeruk nipis. Sambal ini terkenal pedas dengan aroma wangi antara aroma terasi bakar dan perasan jeruk nipisnya.

https://www.instagram.com/desitamemora18/
Sambal raja yang tak perlu menjadi bangsawan untuk memakannya. (Foto: instagram@desitamemora18)

Selain bumbu, kekhasan sambal raja yaitu selalu disajikan bersama sayuran seperti kacang panjang dan terung. Bahan tambahan itu terlebih dahulu dipotong kecil-kecil dan digoreng sebelum akhirnya disajikan bersama sambal tanpa diaduk.

Sambal merupakan salah satu ciri khas masakan Indonesia. Rasa pedasnya bisa membuat nasfsu makan bertambah. Nah, kalau ke Bumi Mulawarman, sambal raja harus masuk dalam daftar wisata kuliner kamu. (*)

Baca pula artikel di Bumi Mulawarman lainnya.

#Kuliner Kalimantan Timur #Kuliner Indonesia #Jelajah Bumi Mulawarman
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan