Kuliner

Sambal Gami Bikin Ketagihan

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 13 Agustus 2022
Sambal Gami Bikin Ketagihan
Penggunaan terasi pada sambal bakar, membuat cita rasanya hampir sama dengan sambal terasi. (freepik/jcomp)

BUAT kamu pecinta kuliner pedas, wajib untuk mencoba nikmat dari pedasnya sambal gami. Sambal yang berasal dari Bontang, Kalimantan Timur yang terbuat dari cabai, bawang putih, tomat dan terasi. Menjadikannya memiliki cita rasa seperti sambal terasi.

Namun, sambal gami memiliki keunikan dalam proses pembuatannya serta penyajiannya. Yaitu, dengan memasak sambal secara langsung di atas cobek yang terbuat dari tanah liat. Proses pembakaran yang terjadi, menjadikan tambahnya cita rasa baru yaitu smokey atau berasap. Proses masaknya yang dibakar membuat beberapa orang menyebutnya dengan sambal bakar.

Baca Juga:

Si Manis Kue Delapan Jam Khas Palembang

kuliner
Sambal gami cumi-cumi. (cookpad.com)

Selain itu, penyajian yang langsung menggunakan cobek yang sudah dibakar sebelumnya, menjadikan sambal ini menjadi lebih nikmat karena bisa disantap selagi hangat. Aromanya mampu menggugah selera makanan.

Keunikan dan konsistensi dari cita rasa sambal gami, menjadikan sambal tersebut memiliki tempatnya tersendiri bagi para penikmatnya. Bahkan popularitas sambal gami saat ini, bukan hanya berada di Kalimantan Timur saja melainkan sudah hampir ke seluruh Indonesia.

Hal itu pun menjadikan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan. Seperti, jenis lauknya, jika pada daerah asalnya sambal gami dinikmati dengan ikan bawis, ikan khas Bontang. Sambal gami saat ini sudah bisa dinikmati dengan berbagai lauk seperti, ayam, ikan, udang bahkan daging wagyu.

Baca Juga:

Kuliner Banyuwangi Rugi Tak Dicicipi

kuliner
Sambal gami kerang. (kreasimasakan.com)

Untuk kamu yang tidak begitu menyukai pedas, di beberapa tempat rumah makan, menawarkan untuk pelanggannya dapat menentukan tingkat kepedasan yang sesuai dengan seleranya. Inovasi-Inovasi itu menjadikan sambal gami dapat dinikmati oleh semua orang.

Jika kamu ingin mencoba membuat sambal gami dirumah, kamu dapat membuatnya dengan mudah. Cukup siapkan Cabai Rawit Merah, Bawang Merah, Bawang putih, terasi bakar, garam, gula, tomat. Kemudian ulek menjadi satu - kesatuan menggunakan cobek yang terbuat dari tanah liat.

Setelah semua bumbu sudah tercampur hingga halus, beri sedikit minyak. Kemudian, bakar sambal bersamaan dengan cobek di atas tungku. Tunggu hingga sambal sampai mendidih dan taruh lauk diatas sambal sesuai keinginanmu. (nab)

Baca Juga:

Horas! 5 Kuliner Khas Batak Wajib Kamu Cicipi

#Lipsus Agustus Adat Indonesia #Kuliner #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan