Kesehatan Mental
Sama-Sama Untung, Meminta dan Menerima Maaf Beri Manfaat Permintaan maaf sangat penting untuk kesehatan mental dan bahkan fisik. (Foto:123RF/ferli)

PERMINTAAN maaf bukan hanya kebaikan sosial. Itu merupakan ritual penting. Sebuah cara untuk menunjukkan rasa hormat dan empati kepada orang yang dirugikan. Hal itu juga merupakan cara untuk mengakui suatu tindakan yang, jika dibiarkan tanpa disadari, dapat membahayakan hubungan.

Permintaan maaf memiliki kemampuan untuk melucuti kemarahan orang lain dan mencegah kesalahpahaman lebih lanjut. Meskipun permintaan maaf tidak dapat membatalkan tindakan yang merugikan di masa lalu, jika dilakukan dengan tulus dan efektif, hal itu dapat menghapus efek negatif dari tindakan tersebut.

BACA JUGA:

Sulitnya Meminta Maaf

Permintaan maaf sangat penting untuk kesehatan mental dan bahkan fisik. Penelitian menunjukkan, menerima permintaan maaf memiliki efek fisik positif yang nyata pada tubuh. Permintaan maaf sebenarnya memengaruhi fungsi tubuh orang yang menerimanya — tekanan darah menurun, detak jantung melambat, dan pernapasan menjadi lebih stabil.

Berikut manfaat emosional dari permintaan maaf menurut Beverly Engel dalam bukunya, The Power of Apology (2002), seperti yang dirangkum dalam artikel Psychologytoday.com (2/5):

- Seseorang yang telah dirugikan merasakan kesembuhan emosional ketika dia diakui oleh orang yang melakukan kesalahan.

- Saat kamu menerima permintaan maaf, kamu tidak lagi menganggap pelaku kesalahan sebagai ancaman pribadi.

- Permintaan maaf membantu kamu untuk melewati amarah dan mencegahmu terjebak di masa lalu.

- Permintaan maaf membuka pintu pengampunan dengan membiarkan kamu memiliki empati terhadap orang yang melakukan kesalahan.

meminta maaf
Permintaan maaf membantu kamu untuk melewati amarah dan mencegahmu terjebak di masa lalu. (Foto:123RF/orynvd)

Selain itu, permintaan maaf juga menguntungkan bagi penerima dan pemberi. Berikut penjelasannya:

1. Efek yang melemahkan dari penyesalan dan rasa malu yang mungkin kamu rasakan ketika menyakiti orang lain dapat menggerogoti sampai kamu sakit secara emosional dan fisik. Dengan meminta maaf dan mengambil tanggung jawab atas tindakanmu, kamu membantu membebaskan diri dari celaan dan rasa bersalah yang merampok harga diri.

2. Permintaan maaf memiliki kekuatan untuk merendahkan hati bahkan yang paling sombong. Ketika kamu mengembangkan keberanian untuk mengakui bahwa kamu salah dan mengatasi keengganan untuk meminta maaf, kamu mengembangkan rasa harga diri yang dalam.

3. Meminta maaf membantu kamu tetap terhubung secara emosional dengan teman dan orang yang kamu cintai. Mengetahui bahwa kamu telah berbuat salah kepada seseorang dapat menyebabkan kamu menjauhkan diri dari orang tersebut, tetapi begitu meminta maaf, kamu merasa lebih bebas untuk menjadi rentan dan intim.

4. Ada manfaat lain yang sedikit dibicarakan. Karena meminta maaf biasanya menyebabkan kamu merasa terhina, itu juga dapat bertindak sebagai pencegah, mengingatkanmu untuk tidak mengulangi tindakan tersebut.

Ada juga dua aspek penting yang mendasari permintaan maaf — niat dan sikap. Ini dikomunikasikan secara nonverbal kepada orang yang kamu mintai maaf. Jika permintaan maafmu tidak datang dengan tulus, itu tidak akan terasa berarti bagi orang lain.

Agar orang merasakan ketulusan ini, keinginan untuk meminta maaf harus datang dari dalam. Kamu tidak boleh mencoba meminta maaf karena orang lain memberi tahu bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, karena orang lain mengharapkannya, atau karena itu akan membuatmu mendapatkan apa yang diinginkan. Permintaan maaf yang digunakan sebagai manipulasi atau isyarat sosial akan terlihat kosong dan tidak berarti.

Permintaan maaf, bila tulus dan disengaja, merupakan alat yang ampuh, bahkan mungkin mengubah hidup, baik bagi pemberi maupun penerima.

Bagaimana Maminta Maaf yang Tulus?

meminta maaf
Meminta maaf membantu kamu tetap terhubung secara emosional dengan teman dan orang yang kamu cintai. (Foto: 123RF/Piyapong Thongcharoen)

Jika kamu mengalami kesulitan meminta maaf, berikut ini akan mengajarimu cara paling efektif untuk melakukannya. Permintaan maaf yang berarti mengkomunikasikan tiga hal: penyesalan, tanggung jawab, dan pemulihan.

1. Penyesalan: pernyataan penyesalan karena telah menyebabkan luka batin atau kerusakanMeskipun niatmu mungkin bukan untuk menyakiti, kamu menyadari bahwa tindakan atau kelambananmu telah menyakiti orang ini. Penyesalan ini perlu dikomunikasikan. Ini termasuk ekspresi empati dengan pengakuan atas ketidakadilan yang kamu sebabkan.

2. Tanggung jawab: penerimaan tanggung jawab atas tindakanmuIni berarti tidak menyalahkan orang lain dan tidak membuat alasan atas apa yang kamu lakukan. Agar permintaan maaf efektif, harus jelas bahwa kamu menerima tanggung jawab total atas tindakan atau kelambananmu. Oleh karena itu, permintaan maafmu perlu menyertakan pernyataan tanggung jawab.

3. Pemulihan: pernyataan kesediaan untuk memperbaiki situasiMeskipun kamu tidak dapat membatalkan masa lalu, kamu dapat memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan. Oleh karena itu, permintaan maaf yang berarti perlu menyertakan pernyataan di mana kamu menawarkan restitusi, atau janji untuk mengambil tindakan agar kamu tidak mengulangi perilaku tersebut.

Kecuali ketiga elemen ini ada, orang lain akan merasakan bahwa ada sesuatu yang hilang dalam permintaan maafmu dan dia mungkin tidak akan bisa memberikan maaf akibat tidak adanya ketulusan.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kunci Keberhasilan Rifat Sungkar Raih Juara Sprint Rally 2021
Fun
Kunci Keberhasilan Rifat Sungkar Raih Juara Sprint Rally 2021

Rifat menggunakan mobil ini pada kompetisi Sprint Rally 2021.

Rayakan Usia Ke-18 Ten2Five Rilis ‘Mas Aku Rindu’
ShowBiz
Rayakan Usia Ke-18 Ten2Five Rilis ‘Mas Aku Rindu’

Ten2Five menghadirkan sebuah lagu terbaru berjudul Mas Aku Rindu yang diproduksi pada masa pandemi COVID-19.

5 Soundtrack Film Negeri Aing Paling Memorable
Hiburan & Gaya Hidup
5 Soundtrack Film Negeri Aing Paling Memorable

Lantas, apa saja OST film Indonesia paling memorable?

Twitter Diduga akan Luncurkan Fitur Baru
Fun
Twitter Diduga akan Luncurkan Fitur Baru

Melihat tweet tersebut beberapa orang percaya bahwa Twitter saat ini sedang mengerjakan sebuah proyek fitur baru.

Sutradara Bagikan Kisah Personal di Film 'Turning Red'
ShowBiz
Sutradara Bagikan Kisah Personal di Film 'Turning Red'

Turning Red disutradarai oleh Domee Shi.

Tas Cantik Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’
ShowBiz
Tas Cantik Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’

Ia tampak selalu membawa tas yang berbeda-beda.

PHRI Yakin 2022 Jadi Momentum Baik untuk Pariwisata
Fun
PHRI Yakin 2022 Jadi Momentum Baik untuk Pariwisata

Pariwisata diyakini membaik dilihat dari kebijakan beberapa negara.

Film Lokal Rajai Bioskop Korea Selatan
ShowBiz
Film Lokal Rajai Bioskop Korea Selatan

Film itu adalah keluaran negeri ginseng bertema drama aksi.

Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikah, Penyelamat Pernikahan
Fun
Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikah, Penyelamat Pernikahan

Perusak hubungan emosional dapat dihindari dengan beberapa percakapan jujur pada awal hubungan.

Prolog 'Jurassic World: Dominion' Tampilkan Kehidupan Dinosaurus di Masa Lalu
ShowBiz
Prolog 'Jurassic World: Dominion' Tampilkan Kehidupan Dinosaurus di Masa Lalu

Namun detail plot ketiga dalam franchise sekuel Jurassic Park masih belum bisa diketahui.