Salwa Naya Syakirah Jadi Mahasiswa FH Unpad dalam Usia 16 Tahun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 31 Agustus 2021
Salwa Naya Syakirah Jadi Mahasiswa FH Unpad dalam Usia 16 Tahun
Gedung Unpad. (Foto: Unpad)

MerahPutih.com - Baru berusia 16 tahun 7 bulan, Salwa Naya Syakirah sudah menjadi mahasiswa di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dia diterima menjadi mahasiswa pada Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unpad melalui jalur SNMPTN tahun akademik 2021/2022. Salwa Naya Syakirah tak menyangka bisa diterima di Unpad.

"Saya senang sekali," ujar mahasiswi asal Pekanbaru, Riau, kelahiran 15 Januari 2005 itu, Senin (23/8).

Baca Juga:

Rektor Unpad: Kesehatan Terjamin Akan Mendukung Pemulihan Ekonomi

Salwa terhitung masuk sekolah dasar relatif cepat, yaitu pada usia 5,5 tahun. Pendidikannya di SD maupun SMP diselesaikan dengan normal, yaitu 6 dan 3 tahun. Barulah ketika menjalani studi di MAN 2 Pekanbaru, Salwa mampu menyelesaikan studinya dengan waktu hanya 2 tahun. Hal ini terjadi karena Salwa sudah mengikuti program akselerasi sejak duduk di bangku kelas X.

Salwa dinilai mampu menguasai materi sehingga diperbolehkan untuk maju lebih cepat melalui program akselerasi tersebut. “Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya,” tutur Salwa.

Pandemi Covid-19 ternyata mengharuskan Salwa untuk menjalani pembelajaran secara daring. Hampir separuh sekolah Salwa dijalani secara daring. Meski sempat mengalami kesulitan saat belajar daring, ia pun mulai terbiasa. Malah, Salwa mengaku, ia lebih fokus ketika sekolah secara daring.

Di pengujung sekolah, Salwa mulai mencari informasi mengenai perguruan tinggi. Pilihannya jatuh ke Unpad. Salwa melihat Unpad merupakan perguruan tinggi dengan reputasi akademik yang bagus dan terkenal di Indonesia. Selain itu, ia memang ingin kuliah di Jawa Barat.

"Saya melihat Unpad termasuk universitas yang bagus, terkenal, dan cukup susah buat orang untuk masuk ke Unpad," ujarnya.

Salwa mantap memilih Unpad saat mendaftar SNMPTN meski harus menghadapi seleksi ketat. Ia pun memilih prodi Ilmu Hukum. Menurutnya, FH Unpad merupakan salah satu dari lima kampus hukum terbaik di Indonesia.

Mahasiswa Unpad Salwa Naya Syakirah. (Foto: Unpad)
Mahasiswa Unpad Salwa Naya Syakirah. (Foto: Unpad)

Ia punya alasan tersendiri memilih prodi Ilmu Hukum ini bukan tanpa alasan. Sejak sekolah, Salwa sudah memiliki kecintaan terhadap salah satu mata pelajaran sosio humaniora.

Mempelajari ilmu hukum juga memiliki prospek karier yang bagus, kata Salwa. Salah satu karier impian yang ingin diraihnya adalah bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan. “Passion saya seputar isu HAM yang terjadi di sekitar,” tambahnya.

Salwa berencana untuk menyelesaikan studinya FH Unpad tepat waktu. Targetnya 3,5 tahun dengan nilai memuaskan. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

100 Mahasiswa Unpad Diterjunkan Bantu Vaksinasi COVID-19, Dapat Nilai Kuliah

#Unpad #Mahasiswa #PTM
Bagikan
Bagikan