Pilpres 2019

Salam Satu Jari Diperiksa Bawaslu, Bima Arya: Saya ini Ekspresif dan Refleks Sebutkan Satu

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 11 Januari 2019
Salam Satu Jari Diperiksa Bawaslu, Bima Arya: Saya ini Ekspresif dan Refleks Sebutkan Satu
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Foto: Instagram/Bima Arya

MerahPutih.Com - Salam satu jari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berujung di Badan Pengawas Pemilu. Bawaslu Kota Bogor memanggil Bima Arya untuk memberikan keterangan terkait pose satu jari beberapa waktu lalu.

Bima menyebutkan, total ada 15 pertanyaan yang ditanyakan kepada dirinya oleh anggota Bawaslu Kota Bogor.

"Yang saya sampaikan, pertama, saya menerima undangan dari Ponpes Al Ghazali melalui Ustaz Turmuzi yang disampaikan melalui 'WA' maupun surat," kata Bima di Bogor, Jumat (11/1).

Ia menjelaskan, surat tersebut ditujukan kepada dirinya pribadi dengan penulisan nama dalam surat undangan atas nama dirinya Bima Arya bukan sebagai Wali Kota.

"Saya datang ke sana (Ghazaly, Red) sekitar jam setengah dua belas, saat itu tepat ketika pak Kiai (Ma'ruf) mengadakan press conference," katanya pula.

Wali Kota Bogor Arya Bima Sugiarto
Walikota Bogor Bima Arya (Foto: FB)

Dia mengatakan, saat itu dirinya diminta duduk di depan Kiai Ma'ruf. Lalu menjawab pertanyaan wartawan terkait kehadiran dirinya.

"Teman-teman wartawan langsung secara spontan menanyakan maksud kedatangan saya," kata Bima.

Bima Arya mengatakan, ketika menjawab pertanyaan wartawan langsung secara insting, secara refleks mengatakan bahwa maksud kedatangannya cuma satu yang disertai dengan penekanan, penguatan makna mengacungkan satu jari.

"Saya itu orangnya ekspresif, jadi kalau bicara dua saya kasih simbol dua, kalau semangat saya kepalkan tangan, kalau lima saya buat lima. Kemarin itu secara refleks saya sebutkan satu, ya.. itu yang kemudian ditafsirkan macam-macam," kata Bima lagi.

Bima juga menjelaskan beberapa alasannya kepada Bawaslu bahwa kehadiranya pada acara itu terjadi di hari libur, bukan hari kerja. Kedatanganya juga bukan untuk kampanye.

"Tapi saya diundang, ketika simbolisasi satu, penguatan makna, tentang alasan saya datang ke sana yaitu satu memuliakan tamu," kata Bima.

Bima Arya sebagaimana dilansir Antara menyampaikan bahwa dirinya tidak memihak atau mendukung pasangan calon mana pun dalam Pilres 2019 ini.

"Silakan dibaca pernyataan saya di beberapa media bahwa saya meminta izin pada partai untuk netral, untuk tidak memihak pada paslon mana pun," katanya.

Alasannya, karena wali kota harus fokus bekerja dan menjaga kebersamaan agar pemilu di Kota Bogor berjalan kondusif.

"Rasanya tidak pas, tidak elok kalau wali kota terlalu sibuk kampanye," kata Bima pula.

Bima juga menunjukkan bukti foto kopi surat disposisi untuk menjadwalkan undangan Ponpes Al Ghazaly yang akan dihadirinya yang tertera nama dirinya bukan atas nama Wali Kota.

"Dalam Islam, kalau diundang itu kalau ada tamu sebaiknya dimuliakan," pungkas Bima Arya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Janji Sandiaga ke Warga Cepu: Utamakan Pekerja Lokal dan Batasi Tenaga Kerja Asing

#Bima Arya Sugiarto #Bawaslu #Pelanggaran Kampanye #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan