Salak Sleman Bikin Takjub Duta Besar New Zealand Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson (tengah). (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson bekunjung ke rumah pengemasan Salak Pondoh di Jalan Magelang KM 18 Lumbungrejo, Temple-Sleman Yogyakarta. Ia nampak terpukau melihat proses pengemasan Salak yang tengah dikerjakan para petani.

Trevor datang ke rumah pengemasan didampingi oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini dan rombongan. Tiba dirumah pengemasan, Trevor melihat proses penimbangan Salak yang sudah dipanen oleh para petani. Salak tersebut kemudian dibersihkan dengan menggunakan mesin pembersih.

Usai dibersihkan, petugas pengemasan memilih dan memisahkan Salak kualitas bagus dengan Salak yang rusak. Salak yang tidak berjamur atau busuk dipisahkan dari salak rusak. Kemudian salak kualitas bagus itu dikemas dengan menggunakan tali berbentuk jaring-jaring. Masing-masing jaring menampung Salak asli Sleman ini seberat satu kilogram. Beberapa jaring dimasukkan ke dalam kardus untuk siap dikirim ke luar kota atau luar negeri.

Sesekali Trevor bertanya pada Banun proses pengepakkan Salak. Ia penasaran bagaimana caranya memastikan kualitas salak. Ia juga turut melihat tahapan pembersihan Salak dengan menggunakan mesin pembersih yang di dalamnya terdapat beberapa sapu ijuk.

Puas melihat proses pengemasan Salak, Trevor turut mencicipi Sarisa, manisan buah olahan Salak yang diproduksi langsung oleh Petani Sleman. “Rasanya Enak dan Segar,” tutur Trevor dengan Bahasa Indonesia Senin (23/10).

Kedatangan Duta Besar Selandia Baru ini dilakukan dalam rangka launching ekspor Salak Perdana asal Sleman ke Negara Selandia Baru. Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini menjelaskan ditahap awal Petani Sleman mengekspor 100 kilogram Salak Pondoh ke Selandia Baru.

“Salak Pondoh di Sleman ini berbeda dengan Salak lainnya. Rasanya lebih enak, manis dan lebih sehat karena ditanam di tanah Vulkanik lereng Merapi,” ujar Banun.

Selandia Baru adalah Negara ke tiga belas yang menjadi tujuan ekspor Salak Pondoh para pertain Turi dan Pakem di Sleman. Kedua Kecamatan ini terletak di Lereng Merapi diperbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Magelang- Jawa Tengah. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya pada artikel Unik, 8 Pasang Manten ini NIkah Bareng di Atas Mobil Damkar



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH