Kesehatan
Salah Kosmetik Saat Hamil dapat Sebabkan Hipospadia Hipospadia dapat menggangu sistem reproduksi seseorang jika tidak segera ditangani (Foto: Pexels/Tim Mossholder)
BEBERAPA waktu lalu, Indonesia digegerkan dengan mantan antlet voli perempuan, Aprilia Manganang yang "berubah" menjadi laki-laki. Perubahan tersebut tidak ditempuhnya melalui operasi pergantian kelamin. Ia mengaku bahwa secara medis dirinya memang laju-laki.
Jelas menimbulkan kebingungan di masyarakat. Belakangan terungkap bahwa selama ini ia mengidap hipospadia. Bukan hanya dirinya, sang kakak Amasya Manganang pun disebut-sebut mengalami hal serupa.
Baca Juga:
manganang
Aprilia Manganang yang sekarang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. (Foto: instagram@apriliamanganang)
Hipospadia merupakan kelainan bawaan lahir pada genitalia pria yang ditandai dengan letak lubang saluran kemih yang tidak terletak pada ujung penis akan tetapi terletak pada bagian bawah batang penis. Kulit kulup yang tidak terbentuk sempurna tampak berkumpul di bagian atas penis.
Sedangkan bagian bawahnya tidak tertutup (seperti hoodie) dan penis tampak bengkok saat ereksi. Hipospadia merupakan kasus kelainan genital yang sering ditemukan, tidak menimbulkan rasa sakit namun menyebabkan gangguan saat berkemih.
Kelainan ini dapat menimbulkan dampak jangka panjang yaitu gangguan pada fungsi reproduksi, infertilitas, dan psikologi jika tidak diterapi dengan benar.
“Hipospadia merupakan kelainan bawaan lahir pada genitalia pria. Angka kejadian berkisar 1 dari 200-300 kelahiran bayi laki-laki dan akhir-akhir ini disinyalir angka kejadian lebih kerap terjadi yang diduga karena faktor polusi udara, penggunaan insektisida pada bahan-bahan makanan, penggunaan kosmetik saat kehamilan dan zat-zat lain yang dapat mengganggu sistem endokrin saat kehamilan sebagai penyebab terjadinya hipospadia," urai
dr. Arry Rodjani, Sp.U (K), Dokter Spesialis Urologi Siloam Hospitals ASRI.
Baca Juga:
hipospadia
Dr. dr. Irfan Wahyudi, Sp.U (K), Proses pembentukan organ genitalia ini melibatkan banyak faktor. (Foto: ist)
Dia juga menyebutkan bahwa bayi dengan berat badan lahir rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena hipospadia.
“Gradasi Hipospadia pada umumnya berdasarkan lokasi anatomis dari ujung lubang saluran kemih. Secara sederhana dapat dibagi ringan, sedang dan berat. Meskipun demikian lokasi anatomi dari ujung lubang saluran kemih mungkin tidak selalu cukup untuk menjelaskan tingkat keparahan dan sifat komplek dari penyakit ini."
Dokter Arry menyebutkan perlu juga mempertimbangkan panjang penis, ukuran, bentuk, kualitas lempeng saluran kemih dan derajat kelengkungan penis.
“Diagnostik penderita Hipospadia dapat dengan mudah ditegakkan. Namun demikian, Hipospadia berat dengan testis yang tidak teraba baik satu sisi maupun keduanya, atau dengan kelamin ambigu, membutuhkan pemeriksaan genetik dan endokrin segera setelah lahir untuk menyingkirkan Disorder Sexual Development (DSD),” jelas dr. Arry.
Baca Juga:
hipospadia
dr. Arry Rodjani, Sp.U (K), Hipospadia tidak menimbulkan rasa sakit namun menyebabkan gangguan saat berkemih. (Foto: ist)
Dia menekankan, “Indikasi operasi rekonstruksi pada penderita Hipospadia bertujuan untuk fungsional dan kosmetik. Fungsional, artinya diharapkan penis lurus saat ereksi dan lubang saluran kemih dibuatkan sampai mendekati ujung penis sehingga pasien bisa berkemih dengan aliran urine yang lurus ke depan saat posisi berdiri. Sedangkan tujuan kosmetik adalah penampilan penis seperti penis yang sudah disunat. Penting disadari oleh orang tua untuk tidak mengkhitan anak dengan Hipospadia karena kulit kulup yang ada akan digunakan untuk jaringan pembuatan saluran kemih.”
Sementara itu, tentang kelainan genital lainnya, Dr. dr. Irfan Wahyudi, Sp.U (K), Dokter Spesialis Urologi Siloam Hospitals ASRI menjelaskan, “Kasus kelainan genital karena bawaan lahir umumnya terjadi akibat pembentukan organ genitalia yang tidak sempurna selama bayi di dalam kandungan. Proses pembentukan organ genitalia ini melibatkan banyak faktor, mulai dari faktor genetik (kromosom seks), gonad, hormon, hingga reseptor hormon. Gangguan pada salah satu atau beberapa faktor dalam proses pembentukan ini akan dapat menyebabkan kelainan genital.”
Ia memaparkan, “Kelainan bawaan genitalia merupakan kelainan yang cukup sering terjadi. Kejadian testis yang tidak turun (undescensus testis) sebagai contoh, terjadi pada 1% kelahiran anak laki-laki. Kelainan genital pada anak laki-laki umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kelainan pada penis dan buah zakar.
Untuk kelainan pada penis, variasi kelainannya meliputi kulit penis menutupi lubang kencing (fimosis), ukuran penis kecil (mikropenis), penis tidak muncul (buried penis), serta lubang penis tidak pada tempatnya (hipospadia). (avia)
Baca Juga:
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sayuran dan Buah yang disukai Raisa
ShowBiz
Sayuran dan Buah yang disukai Raisa

Salah satu cara yang ia lakukan ialah menjaga asupan makanan yang bergizi, termasuk buah dan sayur.

3 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bakal Rilis di 2020
ShowBiz
3 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bakal Rilis di 2020

Dari yang bergenre komedi sampai thriller

Rekomendasi Seri Dokumenter Netflix di November 2020
ShowBiz
Rekomendasi Seri Dokumenter Netflix di November 2020

Deretan rekomendasi seri dokumenter Netflix untuk bulan November 2020.

4 Iklan Mi Instan Negeri Aing yang Nempel Banget
Kuliner
4 Iklan Mi Instan Negeri Aing yang Nempel Banget

Bikin pengin mi instan ini sih.

Song Kang-ho Jadi Juri di Festival Film Cannes 2021
ShowBiz
Song Kang-ho Jadi Juri di Festival Film Cannes 2021

Akan menyeleksi film bersama Spike Lee.

Pabrik Cokelat Willy Wonka Hadir di Amsterdam
Fun
Pabrik Cokelat Willy Wonka Hadir di Amsterdam

Surganya cokelat hadir di Amsterdam.

Jadi Model, Yeonjun TXT Debut di New York Fashion Week 2021
ShowBiz
Jadi Model, Yeonjun TXT Debut di New York Fashion Week 2021

Terpilih jadi salah satu model untuk koleksi pakaian ULKIN.

Tanpa Kita Sadari, Kebiasaan Sederhana Ini Merusak Tubuh
Fun
4 Fitur iOS 14 Ini Sudah Ada di Android Lebih Dulu
Fun
4 Fitur iOS 14 Ini Sudah Ada di Android Lebih Dulu

Apakah kamu menyukai tampilan baru dari iOS 14?

Starbucks Jepang Buka Toko Pertama untuk Teman Tuli
Kuliner
Starbucks Jepang Buka Toko Pertama untuk Teman Tuli

Merupakan komitmen Starbucks terhadap ekuitas, inklusi, dan keragaman.