Salah Gaul Gagalkan Dietmu Lingkaran pertemanan tentukan kesuksesan dietmu. (foto: pixabay/terovesailanen)

MENURUNKAN berat badan ternyata tak semudah ‌minum pil lalu kurus. Ya iyalah, kamu juga jadi gemuk tak dalam semalam kan? Tak sedikit yang berjuang bertahun-tahun demi berat badan ideal. Ternyata bukan hanya metode diet yang tak cocok yang bisa mengagalkan diet kamu.

Sejumlah penelitian terbaru mengungkapkan salah satu penyebab susah diet atau berat badan naik terus mungkin saja teman-teman serta orang terdekat kamu. Bagaimana bisa?

BACA JUGA: Jangan Konsumsi Pisang sebagai Sarapan, Ini Alasannya

Coba deh kamu bandingkan berat badanmu dengan orang-orang terdekat, bisa teman sekantor, kawan nongkrong, sahabat karib, atau bahkan anggota keluarga. Apakah berat badan kamu dan orang-orang terdekat berada pada kisaran yang sama? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab ya.

Sejak satu dekade lalu, para peneliti telah menyimpulkan bahwa lingkup pergaulan kamu secara tidak langsung membentuk pola pikir kamu tentang bentuk tubuh, kesehatan, serta berat badan. Sebuah penelitian yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine pada 2007 mengungkapkan bahwa berat badan juga bisa dipengaruhi faktor sosial, yaitu pergaulanmu.

people
Lingkaran pertemanan menentukan kesuksesan diet. (foto: pixabay/troveykellyphotography)

Penelitian yang berlangsung selama 32 tahun tersebut menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Jika satu orang temanmu mengidap obesitas, kemungkinan kamu mengidap obesitas naik hingga 57%. Sementara itu, kalau kakak atau adik kamu mengidap obesitas, risikonya mencapai 40%. Angka risiko itu didapat dari seberapa dekat dan seberapa sering kamu dan orang tersebut berinteraksi.

Hal itu mungkin disebabkan, secara tidak langsung, kamu akan menyetujui atau terbiasa dengan konsep yang dipercayai orang-orang terdekatmu. Jika menurut teman-teman sepergaulan kamu gemuk itu seksi, lama-lama kamu akan memercayainya juga.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus menjauhi sahabat atau anggota keluarga yang gemuk. Faktor sosial hanyalah sebagian kecil dari penyebab kamu susah diet. Masih ada berbagai faktor lain yang menentukan seberapa sukses dietmu, misalnya kondisi kesehatan, reaksi tubuh terhadap program diet yang dijalani, serta kemauan dari diri sendiri.

Ajak teman ke gym bersama. (foto: pixabay/tanjashaw)

Solusi terbaik agar diet kamu sukses ialah mengajak orang-orang terdekat untuk menjalani gaya hidup sehat. Jika pola makan bisa 'ditularkan' lewat pergaulan, kamu juga bisa lo memengaruhi sahabat-sahabat untuk menyeimbangkan pola makan. Berikut cara terbaik menularkan pola makan sehat kepada sahabat dan orang terdekat.

1. Hindari hang out sambil makan. Lebih baik cari aktivitas lain seperti jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau berolahraga.

2. Kalau ada teman yang mengajak kamu makan atau ngemil, tolak dengan halus dan jelaskan betapa pentingnya program diet bagi kesehatan kamu saat ini. Semakin sering kamu menolak, teman-teman akan semakin memahami dan akhirnya mengikuti kebiasaan barumu.

3. Ajak orang-orang terdekat untuk makan di rumahmu. Tentunya dengan masakan rumahan ya. Sajikan makanan sehat yang rendah lemak serta kalori sampai mereka terbiasa dengan pola makan tersebut.

4. Daftarkan anggota keluarga atau kekasih ke gym langganan. Dengan begitu, mereka jadi 'terpaksa' menemani kamu berolahraga dan bisa merasakan sendiri pentingnya menjaga kebugaran tubuh.

Mudah kan? Yuk, seimbangkan berat badan kamu bersama teman-teman. Lebih ramai makin seru kan.(*)

BACA JUGA: Ini Manfaat Menjalankan Diet Mediterania



Dwi Astarini