Saksi Ahli Sebut Hanya 7,4 Juta e-KTP yang Sudah Diaktivasi Terdakwa kasus korupsi pengadaan KTP elektronik Setya Novanto (kiri) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/3). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

MerahPutih.com - Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Bob Hardian menjadi salah satu saksi untuk terdakwa Setya Novanto dalam sidang perkara korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Senin (12/3).

Dalam kesaksiannya, Bob mengungkapkan, dari 150 juta keping e-KTP, hanya 7,4 juta keping yang sudah diverifikasi. Padahal, lanjut dia, proses verifikasi penting untuk memastikan kebenaran data pada setiap keping e-KTP.

"Proses ini tidak dilakukan. Dari 150 juta lebih, yang diaktivasi dan verifikasi, yang saya lihat cuma 7,4 juta," ungkap Bob.

Dalam proses tersebut, kata Bob, data tunggal yang telah direkam kemudian dimasukkan ke dalam chip melalui tahap personalisasi.

"Setelah e-KTP diterbitkan, harus dilakukan proses aktivasi dan verifikasi," imbuhnya.

Menurut Bob, verifikasi dan aktivasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan ke e-KTP sudah benar.

Karena itu, kata dia, verifikasi dan aktivasi menjadi penting untuk memastikan identitas pemegang e-KTP sesuai dengan sidik jari.

"Waktu aktivasi dan verifikasi, yang bersangkutan harus datang untuk cek sidik jari di e-KTP-nya," pungkas Bob. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Simak Nih, Cara BPKP Hitung Kerugian Negara Rp 2,3 Triliun di Proyek e-KTP

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH