Sakit Mata, Gejala Baru COVID-19

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 10 Desember 2020
Sakit Mata, Gejala Baru COVID-19
Sakit mata bisa menjadi indikasi COVID-19. (Foto: Pixabay/Alexandra_Koch)

TERNYATA sakit mata bisa menjagi gejala terjangkitnya COVID-19. Fakta ini terungkap usai penelitian ilmuwan di Anglia Ruskin University (ARU) di Inggris. Studi pertama itu menyelidiki berbagai gejala mata yang mengindikasikan konjungtivitas berkaitan COVID-19.

Dikutip dari Mayo Clinic, konjungtivitas merupakan peradangan atau infeksi selaput transparan (konjungtiva) yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih bola mata.

Baca juga:

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Vaksin COVID-19 Sinovac

Saat pembuluh darah kecil di konjungtiva meradang, maka mereka akan semakin terlihat. Inilah yang menyebabkan bagian putih mata seseorang tampak kemerahan atau merah jambu. Biasanya masalah ini disertai rasa gatal dan mata berair.

Sakit mata. (Foto: Pixabay/agnesliinnea)
Sakit mata menjadi gejala COVID-19. (Foto: Pixabay/agnesliinnea)

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Ophthalmology tersebut menemukan, 16 persen partisipan yang terjangkit COVID-19 mengaku mengalami sakit mata. Sementara hanya 5 persen dari mereka yang pernah mengalami kondisi tersebut sebelum terdiagnosis COVID-19.

Pada penelitian ini juga mengungkapkan, dari 83 responden, sekitar 81 persen melaporkan masalah mata dalam dua pekan setelah gejala COVID-19 lainnya dan 80 persen partisipan melaporkan mengalami gejala mata kurang dari dua pekan.

Di sisi lain, 18 persen orang melaporkan menderita fotophobia atau sensitivitas cahaya sebagai salah satu gejala mereka dan kondisi ini meningkat 5 persen dari keadaan sebelum terkena COVID-19. (Yni)

Baca juga:

Margaret Keenan, Penerima Vaksin COVID-19 Pertama

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan