Sakit Jantung dan Kanker dapat Diredakan dengan Bahan Makanan ini Konsumsi makanan ini, usia akan lebih panjang. (Foto: Pexels/Ella Olsson)

SAKIT jantung dan kanker masih menjadi momok bagi orang. Namun hal itu dapat diatasi dengan hidup sehat, tentunya mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Melansir dari laman realbuzz, menuliskan bahan-bahan makanan yang dapat mengatasi dua sakit ini.

Baca Juga:

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Atur Pola Makan

Biji Kopi

kopi
Antioksidannya menangkal radikal bebas. (Foto: Pexels/Janko Ferlic)

Studi yang dilakukan oleh University of Scranton menemukan bahwa flavonoid yang terkandung dalam kopi dapat mencegah penyakit jantung. Dr. Joe Vinson, menyebutkan bahwa antioksidan adalah pasukan untuk melindungi sesorang dari radikal bebas beracun. Biasanya racun-racun itu berada di sekeliling manusia yang dapat menjadi pemicu penyakit kronis. Antioksidan dalam kopi menangkal penyakit seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Bagi kamu yang hobi minum kopi, disarankan memilih kopi tanpa kafein, dengan jumlah sifat antioksidan yang sama seperti kopi biasa.


Cranberry

makan
Cranberry mampu mengatasi sel-sel kanker. (Foto: Unsplash/Food Photographer Jennifer Pallian)

Buah cranberry kaya antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri dan meningkatkan kekebalan, dan dipenuhi dengan fitonutrien. Semakin banyak fitonutrien yang kita dapat maka semakin besar perlindungannya. Terlebih lagi, phytochemical yang ditemukan dalam buah merah dan beri membantu memerangi molekul penyebab kanker. Para peneliti dari Cornell University, menguji ekstrak cranberry pada sel-sel kanker payudara manusia dan menemukan bahwa dalam waktu lebih dari empat jam, banyak sel kanker payudara yang mulai mati. Tidak hanya rasanya luar biasa, cranberry juga merupakan tambahan yang baik untuk beragam diet.

Bawang putih

makanan
Manjur memecah karsinogen pembentuk sel kanker. (Foto: Pexels/Isabella Mendes)

Terbukti sepuluh senyawa yang ditemukan dalam bawang putih membantu memerangi kanker. Bawang putih mengandung senyawa penambah kekebalan yang membantu memecah zat penyebab kanker. Misalnya, dialil sulfida, komponen bawang putih, dikenal karena manjur memecah karsinogen pembentuk sel kanker dalam tubuh, yang mungkin menyebabkan kanker. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat meminimalisir risiko kanker lambung dibandingkan mereka yang makan sedikit atau tidak sama sekali.

Baca Juga:

Kaldu Jamur Sebagai Pengganti Micin, Apakah Lebih Baik?


Buah dan sayuran

makan
Sayur dan buah membantu orang memiliki usia panjang. (Foto: Unsplash/I E)


Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Ini karena nutrisi yang dikandungnya. Sementara semua buah dan sayuran baik untuk kamu, terutama yang berwarna cerah sangat bermanfaat. Karena pigmen alami yang memberi warna juga dapat membantu mencegah kanker. Warga Okinawa menjalankan pola makan yang kaya buah dan sayuran, terutama varietas hijau dan kuning.

Coklat hitam

makan
Harus mengandung banyak kakao. (Foto: Unsplash/Monika Grabkowska)

Biji kakao terkandung antioksidan yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Jeanne Louise Calment, yang berusia 122 tahun 164 hari memiliki kesehatan yang baik karena mengonsumsi cokelat. Yang perlu dipastikan adalah memilih cokelat yang mengandunglebih dari 70 persen kakao, lebih banyak flavonoid dan sedikit gula. (lgi)


Baca Juga:

Yogurt Bukan Hanya untuk Pencernaan dapat untuk Imun Pula

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH