Sakit atau Kecelakaan Saat Mudik, Hubungi Si Slamet 119 Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek menyampaikan bahwa masyarakat atau pemudik yang melintasi jalur pantura Kabupaten Batang dapat memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan melalui "Si Slamet 119".

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan 'Si Slamet 119' melalui android untuk berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat saat terjadi kecelakaan. Ini sudah era digital manfaatkan sitem 'Si Slamet 119' yang ada di Batang sebagai Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)," katanya di Batang, Jawa Tengah, Minggu (18/6).

Nila Moeloek mengatakan pemerintah telah menyiapkan alat kesehatan dan obat-obatan, serta mobil ambulans untuk menunjang pelayanan kesehatan pada arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Pemerintah akan menyediakan peralatan kesehatan lengkap untuk kesiapan pada orang sakit atau yang mengalami kecelakaan di jalan," katanya.

Menkes mengimbau masyarakat agar tertib dan disiplin berlalu lintas di jalan raya, serta menjaga kesehatan saat berkendaraan.

"Masyarakat harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dalam berkendaraan. Oleh karena itu, jangan dipaksakan berkendaraan kalau sudah terlalu lelah atau memakan obat-obatan yang mengakibatkan mengantuk karena hal itu berbahaya sekali," katanya.

Selain itu, Menkes juga berpesan pada pemudik kendaraan sepeda motor agar tidak mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi karena hal itu akan mengganggu dan membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain di jalan raya.

"Jika lelah beristirahat. Kami akan sediakan pemeriksaan seperti tekanan darah, misalnya tensinya tinggi diturunkan dulu dan istirahat dulu jangan paksa," katanya.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH