Hari Pramuka
Saka Bahari, Wadah Anggota Pramuka Belajar Kemaritiman Saka Bahari. (Foto: Istimewa)

TEPAT pada Sabtu (14/8), kita memeringati Hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-60. Di Tanah Air, Pramuka menjadi sarana bagi belajar bertanggung jawab, kerja sama antartim, kedisiplinan, dan membentuk pribadi yang unggul.

Sebagai negara bahari dengan 17 ribu pulau, Indonesia punya Satuan Karya (Saka) Bahari. Itu menjadi wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian.

Bahari secara bahasa dapat diartikan sebagai sistem lingkungan hidup kelautan dan perairan.

Baca juga:

Selamat Hari Pramuka ke-55

Saka Bahari Jadi Wadah Keterampilan di Bidang Kelautan
Semangat Saka Bahari di masa pandemi. (Foto: Istimewa)

“75 persen wilayah kita adalah bahari. Sangat disayangkan kalau generasi muda kita tidak mengenal bahari. Saka Bahari ini adalah salah satu metode pembinaan generasi muda yang sangat tepat. Karena bangsa yang besar, bangsa yang punya bahari yang kuat,” kata Mayor Hadi, salah satu pembina Saka Bahari, mengutip kanal YouTube Pramuka Jakarta.

Pembentukan dan pembinaan Saka Bahari dilaksanakan melalui kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Laut, serta Kementerian Pariwasata dan Kementerian Kelautan.

Sejarah Saka Bahari dimulai pada 1909 dikenal dengan nama Sea Scouts yang diadakan oleh kepramukaan Inggris. Tiga tahun kemudian, Asosiasi Pramuka Baden Powell mengadopsi Sea Scouts dan perlahan mulai dikenal dunia, termasuk Indonesia yang awalnya dikenalkan oleh Belanda.

Melalui NIPV (Organisasi Kepanduan Milik Pemerintah Hindia Belanda), maka didirikanlah zeeverkenners. Para tokoh kepanduan nasional pun tergerak untuk mendirikan Pandu Laut yang terus bertahan hingga Indonesia merdeka.

Baca juga:

Dari Pandu Jadi Pramuka, Gerakan Kebangsaan Pemuda Indonesia

Saka Bahari Jadi Wadah Keterampilan di Bidang Kelautan
Melakukan kegiatan seputar kebaharian. (Foto: Istimewa)

"Sesudah Proklamasi Kemerdekaan pada pertemuan di Solo, 28 Desember 1945 kita membentuk Gerakan Kepanduan, yang diberi nama Pandu Rakyat Indonesia, untuk Pandu Laut baru sekitar 1952. Dengan dileburnya 60 aliran Pandu Indonesia pada tahun 1961 menjadi Gerakan Pramuka, maka Pandu Pemuda Samudera diubah menjadi urusan Samudera dan akhirnya menjadi Satuan Karya Pramuka Bahari," kata Sri Wigati atau akrab dipanggil Gatik selaku Sekretaris Saka Bahari Tingkat Nasional.

Pada 1983, terbitlah Instruksi Bersama Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 081 tahun 1983 tentang Satuan Karya Bahari. Surat keputusan inilah yang akhirnya membuat Satuan Karya Pramuka Bahari berdiri di Indonesia.

Saka Bahari juga kerap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata dan produktif untuk menumbuhkan sikap hidup yang beriorientasi kebaharian, termasuk laut dan perairan dalam. Anggota Saka Bahari sendiri adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega putra dan putri yang menjadi anggota gugus depan di wilayah ranting atau cabang.

Saka Bahari Jadi Wadah Keterampilan di Bidang Kelautan
Berawal dari nama Sea Scout. (Foto: Istimewa)

"Di 2021, Saka Bahari menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kebaharian yang dilaksanakan di atas KRI Dewa Ruci dan Pelayaran Kebaharian dengan rute Jakarta – Cirebon berlayar dengan KRI Dewa Ruci," tutur Gatik.

Berdasarkan jurnal Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bahari, calon Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega dapat mengajukan diri sebagai anggota Saka Bahari dengan seijin pembina gugus depannya. Mereka diisyaratkan walam waktu enam bulan setelah menjadi anggota Saka Bahari telah dilantik sebagai Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega di gugus depannya.

"Saka Bahari ada disetiap provinsi di bawah binaan Lantamal dan Lanal. Lantamal I Belawan, II Padang, III Jakarta, IV Tanjung Pinang, V Surabaya, VI Makassar, VII Kupang, VIII Manado, IX Ambon, X Jayaapura, XI Mearuke, XII Pontianak, XIII Tarakan, XIV serta Lanal-Lanal yang berada di provinsi menjadi Pimpinan Saka Bahari Tingkat Kwartir Daerah," ujar Gatik.

"Sedangkan Lanal-lanal/ Posal atau Satnonkowil contohnya Yonmarharlan yang berada di tingkat kabupaten menjadi Pimpinan Saka Bahari Kwarting Cabang, dalam pembinaan dan pengembangan Saka Bahari selain TNI Angkatan Laut ada instansi unsur maritim," lanjutnya.

Di Hari Pramuka ke-60 yang jatuh pada Sabtu (14/8), Gatik menganggap sebagai momen untuk merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan oleh generasi muda yakni Pramuka.

"Kiranya semangat dan karakter seseorang Pramuka selalu hadir dalam diri dan dibutuhkan dalam menghadapi Pandemi. Harapan saya dengan anggota Saka Bahari tetap bersemangat untuk bergiat dengan tetap memerhatikan protocol kesehatan," tutupnya. (and)

Baca juga:

Anggota Pramuka Bantu Polisi Atur Lalu Lintas Mudik Lebaran

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Artis Korea yang Tipe Idealnya Perempuan 'Chubby'
ShowBiz
Artis Korea yang Tipe Idealnya Perempuan 'Chubby'

Alih-alih memilih yang tinggi dan langsing, tipe idaman mereka justru perempuan yang montok.

5 Sexual Aftercare untuk Meningkatkan Koneksi Emosional dengan Pasangan
Fun
Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!
Fun
Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!

Nonton bioskop sekarang dan sebelum pandemi memang beda suasananya.

Cegah Make-Up Nempel di Masker dengan Tips ini
Fun
Cegah Make-Up Nempel di Masker dengan Tips ini

Riasan yang nempel ke masker bikin make-up kamu terbuang sia-sia

Ini Alat Pereduksi CO2 Karya Mahasiswa ITS
Fun
Ini Alat Pereduksi CO2 Karya Mahasiswa ITS

O2 banyak ditemui dari gas buang kendaraan bermotor hingga gas emisi rumah tangga.

Playground Kilang Minyak ala Arab Saudi
Travel
Playground Kilang Minyak ala Arab Saudi

Taman bertema ekstrem di tengah laut.

Waduh, Nomor Telepon WhatsApp Bisa Ditemukan di Google?
Fun
Waduh, Nomor Telepon WhatsApp Bisa Ditemukan di Google?

Seorang peneliti menemukan bahwa nomor telepon WhatsApp bisa ditemukan di google

Among Us Hadir di Xbox
Fun
Among Us Hadir di Xbox

2021 kamu bisa memainkan game ini di Xbox.

Genshin Impact Hadir di Epic Games Store dengan Konten Spesial
ShowBiz
Genshin Impact Hadir di Epic Games Store dengan Konten Spesial

Epic akan berikan konten menarik untuk kamu yang mengakses gim dari platform tersebut, serta tambahan gim gratis lainnya.