Kuliner

Sajian Natal, Bikin Kastengel Ngeju Banget dengan Trik Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 11 Desember 2020
Sajian Natal, Bikin Kastengel Ngeju Banget dengan Trik Ini
Bikin kastengel keju banget dengan cara tepat.(foto: Instagram @resep.masakan.kue.full)

APA sajian Natal yang bikin kangen? Sudah pasti berbagai kue dan cookie nikmat. Salah satu kue kering yang jadi favorit saat Natal ialah kue keju atau kastengel. Kue asal Belanda ini memang punya tekstur renyah dengan rasa keju nan gurih. Tidak mengherankan semua orang menyukainya.

Kastengel termasuk kue kering yang mudah dibuat di rumah, bahkan bagi pembuat kue pemula. Selain mudah, bahan-bahan pembuat kastengel juga mudah didapat. Meskipun demikian, untuk menghasilkan kastengel yang renyah yang ngeju banget, dibutukan ketelatenan dan kesabaran dalam membuatnya. Berikut beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kastengel yang renyang dan ngeju, seperti dikutip dari Resepkoki.

BACA JUGA:

Museum of Women in the Arts Ingin Resep Rahasia Keluargamu untuk Pameran


1. Pakai tepung protein rendah

flour
Pakailah terigu protein rendah agar kue renyah. (foto: pixabay/kaboompics)


Kalau kamu berpikir semua tepung terigu sama saja, anggapan kamu salah. Untuk mendapat tekstur kastengel yang lebih renyah, kamu harus memilih tepung terigu dengan kandungan protein rendah.

Tepung terigu protein rendah punya kandungan gluten yang rendah. Dengan begitu, kastengel akan terasa lebih crunchy ketika matang.

Agar tekstur kue lebih ringan, ayak terlebih dahulu tepung sebelum dicampurkan ke adonan. Tepung yang sudah diayak juga akan lebih mudah tercampur dalam adonan.


2. Gunakan mentega dan margarin

butter
Gunakan mentega dan margarin dengan rasio 1:2.(foto: pixabay/efraimstochter)


Setelah memilih tepung yang pas, pilih juga lemak yang tepat. Untuk membuat tekstur kastengel yang sempurna, gunakan kombinasi dua jenis lemak, yakni mentega dan margarin. Keduanya punya karakter dan kegunaan masing-masing lo.

Mentega terkenal dengan rasa yang khas serta membuat kue kering lebih beraroma harum dan lembut. Di sisi lain, margarin merupakan jenis lemak yang tak mudah leleh meskipun diletakkan dalam suhu ruang. Selain itu, kue kering yang memakai margarin cenderung lebih renyah.

Kalau kamu ingin kastengel yang lembut dan renyah, gunakan mentega dan margarin dengan perbandingan 1:2. Namun, kalau kamu memilih hanya memakai mentega, pastikan mentega bersuhu dingin ketika dibuat adonan.

3. Pilihan keju amat penting

keju
Pilih keju beraroma kuat dan berusia tua. (foto: pixabay/alexklen)


Namanya saja kue keju, sudah pasti harus punya aroma keju yang kuat. Untuk mendapatkan aroma yang ngeju, kamu harus memperhatikan pilihan keju yang digunakan.

Pilihlah keju dengan aroma yang kuat dan berumur cukup tua. Keju gouda atau parmesan dipilih sebagai bahan isian kastengel, sedangkan cheddar digunakan untuk topping.

Namun, jika kamu tak punya cukup keju gouda atau parmesan, kombinasikan red cheddar dan salah satu keju tersebut dengan rasio 50:50.

4. Aduk adonan dengan lembut

baking
Aduk adonan dengan lembut menggunakan spatula. (foto: pixabay/kerdkanno)


Adonan yang baik ialah yang tercampur rata dengan tekstur padat yangn siap dicetak. Untuk hasil kue yang renyah, hindari mengaduk adonan terlampau lama. Gunakan spatula saat mengaduk adonan. Pasalnya, suhu tangan kamu bisa melelehkan mentega dalam adonan. Sebaiknya pilih spatula berbahan silikon yang antilengket


5. Beri topping saat setengah matang

Kastengel
Beri topping saat setengah matang. (foto:instagram @anisyadaryono)

Agar tampilan kastengel cantik, jangan lupa memberikan topping potongan keju. Selain itu, kamu bisa membuat tampilannya lebu cantik dengan mengoleskan margarin cair atau kuning telur.

Untuk memberikan topping lakukan saat kue telah setengah matang dipanggang. Keluarkan loyang pemangang, lakukan pemberian topping dengan cepat agar suhu kue enggak berubah drastis. Pemberian topping saat kue setengah matang membuat warnanya tetap cantik dan parutan keju tidak rapuh.


6. Biarkan dingin sebelum dikemas

kastengel
Biarkan kue dingin di cooling rack sebelum diekmas. (foto: instagram dapur_eda_mega)

Jika ingin mengemas kastengel ke dalam stoples, pastikan suhu kue sudah dingin ya. Suhu panas bisa membuat uap. Hal itulah yang bikin kue jadi lembap ketika masuk stoples atau wadah tertutup.

Namun, jika dibiarkan terlalu lama di udara luar, tekstur kue jadi melempem. Cara terbaik ialah pastikan kastengel dingin terlebih dahulu. Letakkan kue di suhu ruang atai di cooling rack agar lekas dingin.(dwi)

#Kuliner #Natal
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan